PENERAPAN MANAJEMEN BARANG DAN KEUANGAN PADA KOPERASI SERBA USAHA (KSU) DIKECAMATAN KINTAMANI , BANGLI, BALI

Ni Nyoman Sudiyani, I Gusti Made Sudika, I Wayan Astawa

Abstract


Kelompok Usaha Koperasi Serba Usaha ( KSU ) Desa  Batur, Kintamani , Bangli,adalah Kelompok Usaha Koperasi serba Usaha (KSU)Karya Utama Mandiri  dan Kelompok Usaha Koperasi Serba Usaha (KSU) Bangkit Mandiri merupakan mitra  I dan II.

Penyediaan barang prediksi penjualan secara sederhana manual masih banyak menemui kendala dan kadang tidak mampu memunuhi permintaan konsumen yang berakibat pada penurunan  pendapatan dari anggota kelompok. Kualiatas barang masih belum optimal sesuai dengan standar pasar. Sistem pemasarannya masih bersifatlocal.Untuk  merancang  dan  mendesain  sistem produksi penyediaan alat manajemen barang dan produksi untuk mengatasi masalah produksi.waktu kerja pada kelompok koperasi Karya Mandiri Kintamani.

Permasalahan mitra adalah adanya  kesulitan memanajemen kondisi penyediaan barang  dan sembako yang sering cepat terjual dan atau barang yang jarang terjual, yang selama ini hanya menggunakan perasaan/felling dari usaha perdagangan   Koperasi Serba Usaha Karya Utama Mandiri. Adanya kesulitan dalam mengelola keuangan untuk biaya : investasi, operasional, laba dan rugi baik kegiatan harian, mingguan sampai bulanan, yang selama ini kinerjanya hanya menggunakan kalkulator, sehingga tidak cepat mengatasi masalah yang sedikit kompleks, antara keuntungan dan investasi yang dimiliki  Koperasi Serba Usaha Karya Utama Mandiri, Disamping hal diatas tata letak (layout ) belum tertata dengan baik sehingga kesan pelayanan kurang memuaskan.

Luaran yang dihasilkan  dari kegiatan Ipteks bagi Masyarakat ini adalah : Untuk  merancang  dan  mendesain  sistem penjualan, penyediaan barang dan keuangan Koperasi terutama mengatasi masalah kualitas waktu kinerja usaha Koperasi DiDesa Batur Kintamani,  Kabupaten Bangli maka  diciptakan  Program KomputerManajemen Barang dan Keuangan  Berbasis IT Komputer. Program ini dengan menggunakan Komputer melalui manajemen keluar-masuknya barang baik yang cepat laku maupun lambat, dapat menghitung keuntungan dan mungkin kerugian yang dialami dalam perdagangan usaha Koperasi, diharapkan dapat secara cepat  dapat menginformasikan kondisi penyediaan barang sembako di gudang, sehingga dapat cepat mengorder barang-barang yang kurang tersedia, demikian pula laba-rugi dan nilai investasi secara ekonomi dapat dengan cepat diketahui  sehingga biaya operasional pekerjaan menjadi murah dan  penggunaan tenaga kerja serta waktu kerja yang efisien. Disamping itu keluaran berupa artikel Ilmiah.

Metode pelaksanaan Untuk mengefektifkan pelakasanaan kegiatan maka diperlukan suatu kerjasama dengan mengedepankan :1) melaksanakan kemitraan dalam hal ini yang terlibat sebagai mitra. 2) Program KomputerManajemen Barang dan Keuangan  Berbasis IT Komputer. 3) Keswadayaan, keswadayaan harus dikembangkan sebagai strategi dasar pemdampingan masyarakat mengingat  jangka waktu yang terbatas. 4) Orientasi pasar, dimana yang dihasilkan benar-benar merupakan kebutuhan pasar sehingga tetap keberlanjutan.

Kata kunci :Manajemen Barang, Komputer, Koperasi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Prosiding Seminar Nasional Darmajaya is abstracting and indexing in the following databases:


PROSIDING SEMINAR NASIONAL DARMAJAYA

Diatur Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Diterbitkan Oleh: IIB Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id

E-mail: ProsidingSemnasDJ@darmajaya.ac.id