KONTINUITASSENI KERAJINANUKIRANKAYU DIPALEMBANG

Aji Windu Viatra, Retika Wista Anggraini

Abstract


Seniukiran Palembangtelah dikenalluas,senikerajinanukirkayu yanglazim disebutUkiran Palembang. AdapunsentraindustrisenikerajinanukirankayuPalembangberadadiKampung19Ilir,Kecamatan BukitKecil, sebelah BaratMasjidAgungPalembang. Kampung19Ilir, memproduksiberbagai bentuk perabotan, alat-alat rumah tangga, dan hiasan rumah dengan ukiran kayu khas Palembang. Kegiatan mengukirdi Palembang sebelumnyamemilikihubungan erat dengan rumah tradisionaladatPalembang, yakni rumahBari atau rumahLimas.Rumah tradisionalyang saatini masih digunakan oleh masyarakatSumatera Selatan, khususnyadiPalembang dengan segala perlengkapan rumah tangganya.

Pertumbuhan ukiran kayu Palembang mengalami pasangsurut dengan kondisisosialdan ekonomidi wilayahtersebut.Seni kerajinanukiran kayuinihanya diproduksioleh keluarga-keluarga tertentu  saja,  masih  banyak masyarakat Palembang dan para perajinberalih mengandalkan penghasilan ekonomidengan mencari profesilain.Perubahan yangterjadipada prosespengolahanbahan kayu yang semakin sulitdigunakan, kreasi motif ukiran, dan teknikpengukiran telah bercampurdengandaerah lainseperti Jepara, dannegara luarIndia,Eropadan China. Akulturasi ragamhiasinitelahmenghasilkansuatubentuk,gayadan citarasabaru menambah khasanah ukiran kayu Palembang.

Kata kunci: SeniUkiranKayu,Kontinuitas,RagamHias,Motif Ukiran, Palembang


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Prosiding Seminar Nasional Darmajaya is abstracting and indexing in the following databases:


PROSIDING SEMINAR NASIONAL DARMAJAYA

Diatur Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Diterbitkan Oleh: IIB Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id

E-mail: ProsidingSemnasDJ@darmajaya.ac.id