KUALITAS CUTMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA DEALER YAMAHA BAHANA PAGAR BANDAR LAMPUNG

Emi Pitriani, Susi Indriyani

Abstract


Saat ini fokus Strategi pemasaran yang sering dipakai pelaku bisnis adalah dengan cara mengelola pelanggan perorangan secara seksama dan detail yang untuk itu dibutuhkan sebuah gagasan strategi pemasaran sehingga dapat mempertahankan eksistensinya dengan menggunakan praktik customer relationship management, dalam menjalin hubungan dengan pelanggan, dealer Yamaha Bahana Pagar Alam menyediakan jasa SMS. Hasil persamaan regresi maka variabel customer relationship yang paling dominan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Sementara variabel sumber daya manusia dan teknologi telah diterapkan pada perusahaan dealer Yamaha Bahana Pagar Alam Bandar memiliki pengaruh pengaruh dan hubungan yang positif terhadap loyalitas pelanggan pada dealer Yamaha Banaha Pagar Alam Bandar Lampung adalah teknologi, hal ini disebabkan karena variabel teknologi mempunyai nilai koefisien beta yang terbesar jika dibandingkan dengan variabel sumber daya manusia dan proses.

Kata kunci : Customer, Relationship dan Loyalitas pelanggan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Prosiding Seminar Nasional Darmajaya is abstracting and indexing in the following databases:


PROSIDING SEMINAR NASIONAL DARMAJAYA

Diatur Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Diterbitkan Oleh: IIB Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id

E-mail: ProsidingSemnasDJ@darmajaya.ac.id