E-CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) UNTUK PEMESANAN DAN PENJUALAN MAKANAN RINGAN (STUDI KASUS: CV. DWI PUTRA TULANG BAWANG BARAT)

Farid Ali Hanafi, Sri Karnila

Abstract


Penilitian ini menghasilkan E-Customer Relationship Management (E-CRM) untuk pemesanan dan penjualan makanan ringan pada CV. Dwi Putra Tulang Bawang Barat. Proses pemesanan dan penjualan makanan ringanyang dilakukan selama ini masih secara konvensional,  pelanggan datang langsung, belum adanya informasi detail barang, harga barang, dan jenis produk yang dijual dirasa kurang efektif. Untuk itu sebuah interface berupa E-CRM mutlak diperlukan agar pelayanan optimal kepada pelanggan. Melalui pengembangan sistem Waterfall dengan tahapan planning, analysis, design dan implementation, menghasilkan E-Customer Relationship Management (E-CRM)yang memberikan informasi detail produk yang dijual secara online, serta tanggapan langsung terhadap pengaduan pelanggan apabila ada komplain. E-CRM yang dibangun  menunjukkan bahwa CV. Dwi Putra Tulang Bawang Baratsangat loyal terhadap pelanggan dalam proses pemesanan maupun penjualan makanan ringan.

 

Kata kunci :Waterfall, pemesanan dan penjualan, E-CRM.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Prosiding Seminar Nasional Darmajaya is abstracting and indexing in the following databases:


PROSIDING SEMINAR NASIONAL DARMAJAYA

Diatur Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Diterbitkan Oleh: IIB Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id

E-mail: ProsidingSemnasDJ@darmajaya.ac.id