PENERAPAN METODE USABILITY PADA SISTEM INFORMASI PELAYANAN PELANGGAN (STUDI KASUS : WEBSITE PDAM TIRTA MUSI PALEMBANG)

Tri Rizqi Ariantoro

Abstract


Usability berasal dari kata usable yang secara umum berarti dapat digunakan dengan baik. Dasar ukuran tingkat usability meliputi : Learnability, efficiency, memorability, error dan satisfaction. PDAM Tirta Musi Palembang memiliki website yaitu www.tirtamusi.com, dan belum dilakukan evaluasi sejauh mana website tersebut berguna (usable), dalam menyajikan informasi serta kepuasan pelayanan kepada pelanggan. Metode usability dapat digunakan untuk mengevaluasi website. Dalam proses evaluasi website, usability testing dapat menggunakan aplikasi pendukung yaitu Techsmith Morae Recorder. Morae menyediakan fungsi untuk membantu praktisi kegunaan dalam perencanaan, pengujian, analisis data dan pelaporan hasil. Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa website PDAM Tirta Musi Palembang belum memenuhi dari tingkat satisfaction (kepuasan).  Dimana perlu adanya penambahan menu informasi yaitu Informasi Telepon dan Alamat Lengkap Perusahaan, Informasi Unit Pelayanan, Site Map dan Searching. Penelitian dengan menggunakan usability ini diharapkan dapat memberikan penilaian untuk pengembangan website sehingga dapat berguna dan memberikan kepuasan kepada pelanggan.

 

Kata Kunci : Usability, Website, Evaluasi, dan Morae Recorder.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Prosiding Seminar Nasional Darmajaya is abstracting and indexing in the following databases:


PROSIDING SEMINAR NASIONAL DARMAJAYA

Diatur Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Diterbitkan Oleh: IIB Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id

E-mail: ProsidingSemnasDJ@darmajaya.ac.id