PEMANFAATAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (AR) PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN 3 (TIGA) BAHASA PADA TINGKAT SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID

Nurul Huda, Fitri Purwaningtias

Abstract


Teknologi Augmented Reality merupakan terobosan baru dalam media pembelajaran dimana proses pembelajaran dalam dunia pendidikan selama ini masih banyak bersifat konvensional. Hal tersebut dapat menimbulkan tingkat kejenuhan dan kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti pelajaran tersebut. Apalagi pada mata pelajaran matematika. Karena pelajaran tersebut sering dianggap susah oleh siswa dan sulit untuk dimengerti. Sama halnya juga yang terjadi proses belajar mengajar pada Sekolah Dasar IT Mutiara Sunnah Palembang yang masih menggunakan media pembelajaran yang konvensional. Untuk itulah diperlukan suatu pengembangan media program pembelajaran matematika dalam pendidikan dasar kelas I SD pada SD IT Mutiara Sunnah Palembang yaitu dengan memanfaatkan media pembelajaran Augmented Reality (AR) tersebut yang akan dikembangkan dalam teknologi telepon genggam berbasis android dengan menggunakan 3 (tiga) bahasa yaitu bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Arab. Metode yang dipakai dalam pengembangan sistem ini yaitu metode waterfall. Dengan adanya pengembangan media pembelajaran ini dapat terlihat lebih nyata dan bisa membuat siswa tersebut menjadi lebih tertarik untuk mempelajari mata pelajaran matematika.

 

Kata Kunci : augmented reality, waterfall, android


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Prosiding Seminar Nasional Darmajaya is abstracting and indexing in the following databases:


PROSIDING SEMINAR NASIONAL DARMAJAYA

Diatur Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Diterbitkan Oleh: IIB Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id

E-mail: ProsidingSemnasDJ@darmajaya.ac.id