Media Pembelajaran Digital Bagi Siswa SMU/K di Bandar Lampung

Melda Agarina, Sutedi Sutedi, Arman Suryadi Karim, Indera Indera

Abstract


Sejak merebaknya pandemi yang disebabkan oleh virus Corona di Indonesia, banyak cara yang dilakukan oleh pemerintah untuk mencegah penyebarannya. Salah satunya adalah melalui surat edaran Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Direktorat Pendidikan Tinggi No 1 tahun 2020 tentang pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) bagi peserta didik, banyak cara dilakukan diantaranya melalui pembelajaran during yaitu dengan memanfaatkan ebberapa aplikasi seperti zoom sebagai pendukung media pembelajaran. Beberapa sekolah di Bandar Lampung yang hanya memanfaatkan media zoom sebagai pengganti pembelajaran tatap muka namun terkait untuk kegiatan dokumentasi seperti materi ajar dan penugasan masih dilakukan menggunakan aplikasi whatsapp. Saat ini penyebaran virus covid 19 mulai berkurang akan tetapi pemanfaatan media pebelajaran yang dapat mendukung era digitalisasi saat ini masi sangat dibutuhkan khususnya dikalangan SMU/SMK di Bandar Lampung. Dalam penelitian ini menghasilkan sebuah media pembelajaran digital berbasis website yang mampu mendokumentasikan kegiatan belajar mengajar seperti data materi belajar, soal ujian dan jawaban dari siswa agar semua data tersimpan sehingga guru atau siswa tidak kesulitan untuk mengecek soal atau jawaban dari siswa. Penggunaan teknologi komunikasi dan informasi dalam bidang pendidikan memberikan pengaruh yang sangat  besar. Salah satu manfaat internet  bagi pendidikan adalah sebagai media pembelajaran. Terdapat tiga fungsi internet sebagai media dalam kegiatan pembelajaran,  yaitu  sebagai komplemen (pelengkap),  suplemen (tambahan),  dan subsitusi (pengganti).  Internet sebagai media pembelajaran menjadi salah satu pilihan. Media pembelajaran digital ini dibangun dengan metode waterfall yaitu analisis yaitu mencari kebutuhan dan system dilanjutkan dengan cara menganalisis kebutuhan dan system dengan cara melakukan simulasi dengan cara melakukan simulasi penggunaan system agar tidak terjadi kesalahan pada system yang dibuat. Dengan system komputerisasi berbasis web yang terintegrasi, permasalahan data pada pembelajaran sekolah dapat diselesaikan dengan cepat dan tepat.

Kata Kunci:Media Pembelajaran; Digital, Interaktif


Full Text:

PDF

References


Maulina, D., & Bernadhed, B. (2017). Perancangan Sistem Informasi E-Learning Pada SMK Syubbanul Wathon

Tegalrejo Magelang. Data Manajemen dan Teknologi Informasi (DASI), 18(1), 8-13

Chassiakos, Y. R., Radesky, J., Christakis, D., Moreno, M. A., Cross, C., Hill, D., Swanson, W. S. (2016). Children and adolescents and digital media. Pediatrics, 138(5). https://doi.org/10.1542/peds.2016- 2593.

A.S. Rosa, M. Shalahuddin. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung:

Informatika.

Okra, R., & Novera, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Digital IPA Di SMP N 3 Kecamatan

Pangkalan. Journal Educative: Journal of Educational Studies, 4(2), 121.

Mulyaningsih, N. N., & Saraswati, D. L. (2017). Penerapan media pembelajaran digital book dengan Kvisoft

Flipbook Maker. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 25-32.

Khairunnisa, G. F., & Ilmi, Y. I. N. (2020). Media pembelajaran matematika konkret versus digital: Systematic literature review di era revolusi industri 4.0. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 131-140.

Wirawan, A. W., Indrawati, C. D. S., & Rahmanto, A. N. (2017). Pengembangan media pembelajaran kearsipan digital untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMK Negeri 3 Surakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, 7(1), 78-

Panjaitan, N. Q., Yetti, E., & Nurani, Y. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Digital Animasi dan Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 588-596.

Tegal, W. E. S. A. B., & BSI, Y. G. A. A. A. (2017). Perancangan E-Learning Berbasis Web Pada SMP Negeri 3

Patuk Gunungkidul Yogyakarta. Bianglala Informatika, 5(2), 62-69.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Prosiding Seminar Nasional Darmajaya is abstracting and indexing in the following databases:


PROSIDING SEMINAR NASIONAL DARMAJAYA

Diatur Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Diterbitkan Oleh: IIB Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id

E-mail: ProsidingSemnasDJ@darmajaya.ac.id