Analisis Bot Telegram Untuk Artificial Intelligence Helpdesk Online Pada Pt Telkom Akses Witel Lampung

Khafid Nursalim, Suhendro Yusuf Irianto

Abstract


Tujuan dari pekerjaan ini adalah untuk memanfaatkan aplikasi mobile. Dengan dukungan teknologi memungkinkan kemudahan akses saat melakukan pekerjaan menggunakan aplikasi perangkat seluler. PT. Telkom sebagai salah satu perusahaan terbesar di tanah air juga menggunakan aplikasi mobile untuk mendukung rutinitas kerja dan layanannya. Data pelanggan PT. Telkom tersebar di berbagai divisi dan dibagi menjadi dua, unit di lapangan dan di kantor. Untuk mendukung pengolahan data diperlukan berkolaborasi antara database di Google Spreadsheet dan aplikasi di bot telegram. Melalui penerapan algoritma tertentu, aplikasi bot telegram menggambarkan pemrosesan data secara real time lebih cepat dengan response time 10 detik dibandingkan sebelumnya 23 detik.

Keywords : Bot Telegram, Helpdesk Online, Telkom, Google Spreadsheet


Full Text:

PDF

References


Dahria, Muhammad. (2008) ‘Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence), vol 5, pp 185-196

Cahyono, A. B. and Zulkarnain, N. (2018) ‘Analisa Peta Desa Skala 1:5000 Berdasarkan Peraturan Kepala BIG Nomor 3 TAHUN 2016 (Studi Kasus: Desa Beran Kabupaten Ngawi)’, Geoid, 13(1), p. 10. doi: 10.12962/j24423998.v12i2.3632.

Mauludin, M. S. (2017) ‘Analisa Jaringan Ftth Sto Johar Ke Mg Setos Berdasarkan Teknologi Gpon Di Pt. Telkom Akses Digital Life Regional Iv Jateng Dan D.I.Y’, 10(1), pp. 30–38.

Mulyanto, Angga Dwi. (2020),’ Pemanfaatan Bot Telegram Untuk Media Informasi Penelitian, Maulana Malik Ibrahim State Islamic University

Nafis, Muhammad. (2018) ‘Implementasi Google Spreadsheet dan Facebook Pixel Pada Website Penjualan Produk Lokal’, pp 560-565

Ningrat, Wida. (2016) ‘Modern Electrical Engineering Technology and Its Application Seminar’, pp. 69-77

Purmadipta, B., Anra, H. and Irwansyah, M. A. (2016) ‘Sistem Informasi Geografis Perumahan dan Fasilitas Sosial Terdekat dengan Metode Haversine Formula’, Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN), 1(1), pp. 1–5.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Prosiding Seminar Nasional Darmajaya is abstracting and indexing in the following databases:


PROSIDING SEMINAR NASIONAL DARMAJAYA

Diatur Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Diterbitkan Oleh: IIB Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id

E-mail: ProsidingSemnasDJ@darmajaya.ac.id