Perencanaan Strategis Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pringsewu dengan Metode Ward & Peppard

Mahrizan Alrizkie, Dewi Herliah, Sutedi Sutedi

Abstract


Perencanaan menjadi salah satu kunci utama dalam proses yang akan dilakukan oleh sebuah organisasi dan Instansi yang memiliki sistem dan skema dalam menjalankan roda organisasinya, perencanaan juga memegang peranan penting dalam ruang lingkup karena menjadi penentu dan sekaligus memberi arah terhadap tujuan yang ingin dicapai. Dengan perencanaan yang baik maka semua proses yang akan dilakukan akan terukur dan dapat berjalan sesuai dengan arah tujuan sebuah organisasi. Implementasi dari Penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Telah Diatur Dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 95 Tahun 2018 Tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, Peraturan yang dikeluarkan ini menjadi bahan rujukan utama dari berbagai macam pemerintah daerah untuk mengembangkan sistem pemerintahan berbasis elektronik yang sesuai dengan karakteristik dan aplikatif yang terdapat di daerah masing-masing. Berapa Arahan dasar yang menjadi kunci utama pelaksanaan sistem pemerintahan berbasis elektronik di Kabupaten Pringsewu mengacu pada indikator utama pelaksanaan SPBE yang diatur dalam Perpres nomor 95 tahun 2018, begitu pula dengan target pengembangan SPBE Kabupaten Pringsewu. Sebagai metode pengembangan rencana strategis tersebut peneliti menggunakan metode ward and peppard yang kemudian di kombinasikan dengan pola dan aturan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Hal ini di maksudkan untuk mempermudah dalam melakukan pengembangan rencana strategis dengan tujuan mencapai nilai yang lebih maksimal pada penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pringsewu

Keywords : ward and peppard, spbe, e-government, rencana strategis


Full Text:

PDF

References


Abidin, Nur, and Febriliyan Samopa. 2016. “PERENCANAAN STRATEGIS SI ATAU TI DI PERGURUAN TINGGI MENGGUNAKAN COBIT 5 DAN WARD ANF PEPPARD DI AIRLANGGA.Pdf.” Jurnal Sistem

Informasi 5(5): 612–28.

Dedy, Dedy, Prihanto Ngesti Basuki, and Hanna Prillysca Chernovita. 2019. “Perencanaan Strategi SI/TI Menggunakan Metode Ward and Peppard Di BARENLITBANGDA Kabupaten Semarang.” Sisfo 09(01).

Firmansyah, Yoki, and Deasy Purwaningtias. 2017. “Analisa Metodologi Ward & Peppard Dalam Penentuan Perencanaan Strategis SI/TI.” Cybernetics 1(02): 70.

Gren, Lucas, Alexander Wong, and Erik Kristoffersson. 2018. “Choosing Agile or Plan-Driven Enterprise Resource Planning (ERP) Implementations - A Study on 21 Implementations from 20 Companies.” CEUR Workshop Proceedings 2107: 40–55.

Hakim, Luqman Abdul, and Rino Andias Anugraha. 2017. “Perancangan Sistem Otomasi Proses Pelubangan Kartu Tekstil Jacquard Pada Mesin Punching Di Pt . Buana Intan Gemilang Automation System Design Punching Process for Jacquard Textile Card on Punching Machine At Pt . Buana Intan Gemilang.” 4: 68–75.

Ismanto, Mohammad Andi, Harisno, Victory Haris Kusumawardhana, and Harco Leslie Hendric Spits Warnars.

a. “Strategic Planning of Information Systems and Information Technology at Agricultural Research and Development Agency, Ministry of Agriculture.” 1st 2018 Indonesian Association for Pattern Recognition International Conference, INAPR 2018 - Proceedings: 267–73.

———. 2019b. “Strategic Planning of Information Systems and Information Technology at Agricultural Research

and Development Agency, Ministry of Agriculture.” 1st 2018 Indonesian Association for Pattern Recognition International Conference, INAPR 2018 - Proceedings (1): 267–73.

Johannis, Monice Frensca, Andeka Rocky Tanaamah, and Hanna Prillysca Chernovita. 2019. “Perencanaan Strategis Sistem Informasi Menggunakan Metode Ward and Peppard (Studi Kasus: Cv.Grafika Prima Mitra Ambon).” Sebatik 23(2): 611–18.

JOHN WARD, and OE PEPPARD. 1995. 8 Pt 2 Medinfo. MEDINFO Strategic Planning for an Information System.

Lestari, Ninik Sri et al. 2019. “Strategic Planning Information System Using Ward and Peppard Method with Anita Cassidy Method.” Journal of Physics: Conference Series 1424(1).

Pemerintah Republik Indonesia. 2008. “Undang-Undang Nomor 48 Tentang Pembentukan Kabupaten Pringsewu Di Provinsi Lampung.” : 22.

Permatasari, Arini. 2017. “Analisa Konsep Perencanaan Strategis.” Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi 9(2): 13–17. http://jurnal.unnur.ac.id/index.php/jimia/article/view/27.

Prasetyo, Danianto Enggar, and Agustinus Fritz Wijaya. 2020. “Perencanaan Strategis SI / TI Dengan Metode Ward and Peppard.” 10(3): 18–25.

Rumiarti, Christina Deni, Bagas Ryant Setiawan, and I Dewa Made Pranata Wiana. 2019. “Kajian Perencanaan Strategis Sistem Informasi Pada Bisnis Ritel Berbasis Metodologi Ward & Peppard : Studi Kasus PT. Gramedia Asri Media.” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer 6(3): 245.

Setiawan, Awan, and Erwin Yulianto. 2017. “Information System Strategic Planning Using IT Balanced Scorecard In Ward & Peppard Framework Model.” International Journal of Engineering and Technology 9(3): 1864–72.

Song, Yuan, Hongwei Wang, and Maoran Zhu. 2018. “Sustainable Strategy for Corporate Governance Based on the Sentiment Analysis of Financial Reports with CSR.” Financial Innovation 4(1).

Sujana, Nana. 2017. “Perencanaan Strategis Sistem Informasi Dengan Pendekatan Ward and Peppard.” Tematik

(1): 68–85.

Wandikbo, Danton, and Melkior N.N. Sitokdana. 2019. “Perencanaaan Strategis Sistem Informasi Di Yayasan Binterbusih Semarang Menggunakan Ward and Peppard.” Seniati (1): 61–69.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Prosiding Seminar Nasional Darmajaya is abstracting and indexing in the following databases:


PROSIDING SEMINAR NASIONAL DARMAJAYA

Diatur Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Diterbitkan Oleh: IIB Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id

E-mail: ProsidingSemnasDJ@darmajaya.ac.id