Perilaku Online Impulse Buying pada Marketplace Shopee
Abstract
Perdagangan secara elektronik atau e-commerce membuat konsumen memiliki pengalaman berinterkasi secara sosial. Fenomena belanja online telah menyebabkan munculnya perilaku impulse buying secara online. Marketplace menjadi alternatif bagi banyak konsumen untuk mencari dan membeli produk tanpa dibatasi oleh waktu operasional. Banyak faktor yang menstimulus konsumen dalam melakukan impulse buying secara online diantarnya adalah motivasi belanja hedonik, Price discount dan kemudahan dalam bertransaksi melalui metode pembayaran elektronik. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui dampak motivasi belanja hedonik, Price discount dan pembayaran elektronik terhadap impulse buying online pada marketplace shopee di Bandar Lampung. Metode penelitian adalah metode survei dengan data yang diperoleh melalui penyebaran kesioner kepada 165 responden. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belanja hedonik berpengaruh signifikan terhadap online impulse buying. Price discount berpengaruh signifikan terhadap online impulse buying. Sedangkan, Pembayaran elektronik tidak berpengaruh signifikan terhadap online impulse buying . Secara simultan motivasi belanja hedonik, Price discount dan pembayaran elektronik berpengaruh yang signifikan terhadap online impulse buying.
Keywords: Online impulse buying, Motivasi Belanja Hedonik, Price discount, Pembayaran Elektronik
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Darmajaya is abstracting and indexing in the following databases:
PROSIDING SEMINAR NASIONAL DARMAJAYA
Diatur Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)
Diterbitkan Oleh: IIB Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id
E-mail: ProsidingSemnasDJ@darmajaya.ac.id