Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Dispepsia Menggunakan Metode Depth First Search

Rama Destaria, Yulmaini Yulmaini

Abstract


Sistem pakar (expert system) secara umum adalah sistem yang mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer yang dirancang dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu,agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti yang dilakukan oleh para ahli/pakar. Saat ini sistem pakar tengah banyak dikembangkan dalam berbagai macam bidang, salah satunya dalam bidang kesehatan. Sistem pakar dalam bidang kesehatan banyak dikembangkan untuk mendeteksi berbagai macam penyakit dengan menggunakan berbagai macam metode, salah satunya menggunakan metode depth first search,metode depth first search merupakan suatu metode pencarian pada sebuah pohon dengan menelusuri satu cabang sebuah pohon sampai menemukan solusi. Pencarian dilakukan pada satu node dalam setiap level dari yang paling kiri dan dilanjutkan pada node sebelah kanan. Jika solusi ditemukan maka tidak diperlukan proses backtracking yaitu penelusuran balik untuk mendapatkan jalur yang diinginkan.sedangkan metode inferensi nya menggunakan backward chaining. Metode inferensi backward chaining merupakan metode inferensi penelusuran runut ke belakang yang dibuat dengan perancangan yang mudah dan sesuai dengan aturan yang ada. Pada tugas akhir ini, peneliti bertujuan untuk merancang sistem pakar yang dapat mendiagnosis penyakit dispepsia berbasis web menggunakan metode depth first search dan inferensi backward chaining. Aplikasi yang di buat diharapkan dapat membantu pakar dalam mendiagnosa jenis penyakit dispepsia. Penyakit dispesia merupakan penyakit yang cukup banyak diderita masyarakat umum mulai dari tipe jenis ulkus,dismotilitas,non sepesifik,gerd dan magh akut.Implementasi sistem pakar penyakit dispepsia ini dapat memberikan pengetahuan dan diagnosa tipe jenis penyakit dispepsia dan memberikan kemudahan akses bagi penggunanya. Penggunaan media sarana berbasis web akan membuat akses menuju sistem pakar menjadi mudah dan fleksibel karena dapat diakses kapanpun dan di manapun melalui web browser dari komputer ataupun perangkat mobile internet.

Keywords : sistem pakar,penyakit dispepsia,depth first search,backward chaining,web


Full Text:

PDF

References


Andi Mariadi. (2016). PengertianSublime Text Editor. Pemulabelajar.Com/2016/03/Pengertian-Sublime-Text-Editor.Html.dan tanggal akses 20 SEPTEMBER 2021

Bahar, Andri, & Suseno. (2015). Penerapan Metode Depth First Search Pada Sistem Pakar Untuk Diagnosa Penyakit Pasca Melahirkan.

Dhany, & Safia. (2009). Perancangan Sistem Pakar Untuk Diagnosa Penyakit Anak.

Faisal.(2015).RekamMedisPengertianTujuanFungsi.Http://Sainsmini.Blogspot.Co.Id/2015/08/Rekam-Medis

PengertianTujuanfungsi.Html.Diakses 26 DESEMBER 2021

Hayadi, B. Herawan. Sistem Pakar. Deepublish, 2018.

Hidayat, C. (2020). Pengertian Metode Waterfall dan Tahap-Tahapnya. Jurnal Ranah Research, 1(2).

Juliasari, N., & Sitompul, J. C. (2012). Aplikasi Search Engine Dengan Metode Depth First Search (DFS). Jurnal Teknik Informatika Universitas Budi Luhur. ISSN : 1693 -9166, 9(1).

Kusrini, S. KOM. (2020). Sistem Pakar Teori Dan Aplikasi. Andi yogyakarta.

Listiyono, & Hersatoto. (2008). Merancang dan Membuat Sistem Pakar.

Muhammad Arhami. (2020). Konsep Dasar Sistem Pakar. Andi yogyakarta.

Rumaolat, W., & Cahyawati, S. (2021). Faktor Risiko Kejadian Dispepsia di Wilayah Kerja Puskesmas Amahai.

Jurnal Penelitian Kesehatan, 12(April), 176–179. http://forikes-ejournal.com/index.php/SF/article/view/sf12214

Setyadi, H. A. (2014). Penerapan Metode Depth First Search Pada Pencarian Rute Bus Kota Berbasis Web Mobile Di Solo. Ilmiah Go Infotech, 6(4), 59–65.

Susanti, Deffy, & Suhendri. (2017). Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tanaman Mangga Dengan Algoritma Depth First Search Berbasis Mobile.

Strauss, & Christine. (2021). . Database and Expert Systems Applications.

Suhendar, & Abdul Kholiq. (2020). Sistem Pakar Diagnosa Kerusakan Mesin Robot Take Out Menggunakan Metode Forward Chaining Dan Penelusuran Depth First Search (Studi Kasus: Pt. Dynaplast).

Uus Rusmawan. (2014). teknik penulisan tugas akhir dan skripsi pemrograman. kompas gramedia.

YuvidarmayunaTA. (2018). Sistem Pakar Berbasis Web Menggunakan Metode Backward chaining Untuk Menentukan Nutrisi Yang Tepat Bagi Ibu Hamil.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Prosiding Seminar Nasional Darmajaya is abstracting and indexing in the following databases:


PROSIDING SEMINAR NASIONAL DARMAJAYA

Diatur Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Diterbitkan Oleh: IIB Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id

E-mail: ProsidingSemnasDJ@darmajaya.ac.id