Perancangan Video Animasi Explainer Program Kampus Merdeka Sebagai Solusi Dampak Pandemi Terhadap Pendidikan Di Daerah Pesisir

Ade Moussadecq, Rohiman Rohiman, Abdi Darmawan, Dika Tondo Widakdo

Abstract


Permasalahan kemiskinan sendiri menjadi prioritas di Indonesia. Secara umum, data Badan Pusat Statistik menyebutkan tingkat kemiskinan di Indonesia mengalami penurunan terhitung mulai dari periode 1999 sampai 2018 baik dari sisi jumlah maupun persentase. Akan tetapi, pada tahun 2013, 2015, dan 2020 angka kemiskinan mengalami kenaikan yakni 1,37 juta penduduk perkotaan dan 333,9 ribu di pedesaan. Pandemi covid 19 ikut mempertambah permasalahan kemiskinan di Indonesia, sulitnya mencari lowongan pekerjaan, berkuranganya ruang gerak, rendahnya pendidikan dan pengetahuan serta kurangnya informasi. Pentingnya pendidikan dikarenakan salah satu faktor utama dalam rangka pembangunan nasional dengan tujuan untuk meningkatkan kecerdasan masyarakat, sehingga terwujud masyarakat yang cerdas, maju, dan sejahtera. Melaui program kampus mengajar mahasiswa diberi peluang untuk menjadi pendidik di Sekolah Dasar (SD). Beberapa tujuan kampus mengajar,, diantaranya: (1) agar mahasiswa menjadi penguatan pembelajaran literasi dan numerasi, (2) membantu pembelajaran di masa pandemi, terutama untuk SD di daerah 3T (Tertinggal, Terluar, Terdepan), dan (3) Penggunaan media video animasi explainer untuk sosialisasi program Kampus Merdeka – Merdeka Belajar ini akan menambah pengetahuan terkait informasi dari solusi dampak pandemi Covid 19 di dunia pendidikan karena tampilan visual yang menarik mampu mempengaruhi psikis penonton apalagi didukung oleh backsound serta interaksi yang memberikan yang menarik.

Keywords: animasi; eksplainer;  Pendemi


Full Text:

PDF

References


Adinda & Adjie (2011). Film Animasi 2d Berbasis 3d Menggunakan Teknik Cell Shading Berjudul The Postman Story , 6. Tugas Akhir. Surabaya: Stikom.

Akhyary, E., Bekti, H., Sinaga, O., & Buchori, A. (2019). Analisis Sumber Daya Dalam Implementasi Kebijakan Transportasi Laut Wilayah Perbatasan Provinsi Kepulauan Riau. Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 7(1), 12– 29. http://ojs.uma.ac.id/index.php/publikauma

Bagaskara, B., & Ruslan, A. (2019). Perancangan Video Explainer “Mengenal Dampak Penggunaan Gadget

(Smartphone) Secara Eksesif Pada Anak” Untuk Orang Tua. Pantarei, 3(3), 1–8.

https://id.theasianparent.com/hasil-survey-

%0Ahttps://jom.fikom.budiluhur.ac.id/index.php/Pantarei/article/view/424%0Ahttps://jom.fikom.budiluhur.ac

.id/index.php/Pantarei/article/download/424/330

Bisa?, K. (2015). Misteri Besar Sepeda yang Belum Terpecahkan.

Dirjen Dikti Kemendikbud. (2020). Buku Panduan Pelayanan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. In Merdeka

Belajar-Kampus Merdeka (pp. 1–33). http://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/04/Buku-Panduan-Merdeka-Belajar-Kampus-Merdeka-2020

Djalle, Z. G. (2007). The Making 3D Animation Movie. Jakarta: Penerbit Gramedia.

Fatmawati, & Rusdiana, D. (2015). Study Literasi Pengaruh Penerapan Pembelajaran Model SAVI yang Menggunakan Metode Brainstorming Terhadap Konsisten Konsepsi dan Peningkatan Kemampuan Kognitif Siswa SMA. Seminar Nasional Fisika, 4(2014), 123–128.

Greenberg, J., Pyszczynski, T., & Solomon, S. (1986). The causes and consequences of a need for self-esteem: A terror management theory. In Public self and private self (pp. 189-212). Springer, New York, NY.

Herman, A. (2020). Study Ekonomi Maritim (Issue November).

Itang. (2015). Faktor faktor penyebab kemiskinan. Jurnal Keislaman, Kemasyarakatan Dan Kebudayaan, 16(1), 1– 30.

Knoll, J.L. (2020, March 30). Panic and Pandemics: The Return of the Absurd. [Blog post]. Retrieved from https://www.psychiatrictimes.com/coronavirus/panic-and-pandemicsreturn-absurd

Muhajir, Oktaviyanthi, R., Lida, U. M., Nasikhin, Muflihin, A., Syadzili, M. F. R., Nitasari, N., Zukana, S., Hariadi, Babang, V. M. M. F., Romadhon, S., Juwariyah, I., Ande, A., Bangun, S. Y., Maimunah, I., Martiningsih, D., Babang, M. P. I., Widanita, N., Nurdinah, … Kukuh, N. (2021). Implementasi dan Problematika Merdeka Belajar. In Angewandte Chemie International Edition (Vol. 6, Issue 11).

Nasution, A. (2018). Penyelenggaraan Pengukuran Tingkat Kemiskinan di Badan Pusat Statistik: Pendekatan Teori Jejaring-aktor. Jurnal Sosioteknologi, 17(1), 154-170.

Rahmadianto, S. A., & Andito, T. (2018). Perancangan Explainer Video Universitas Ma Chung Sebagai Inovasi Media Promosi. Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia, 2(2), 61–68.

Taylor, S. (2019). The Psychology of Pandemics: Preparing for the Next Global Outbreak of Infectious Disease.

England: Cambridge Scholar Publishing.

Widyanto, H. H. W. (2020). Perancangan Sosialisasi Animasi Explainer Mencegah Perpecahan Milenial Pasca Pemilu 2019 Di Surabaya. Jurnal Barik Unesa, 1(2), 96–108.

Y, E. (2020). Metode & Riset Desain Komunikasi Visual. Budi Utama.

Zabidin, M. Y., & Ruslan, A. (2007). Perancangan Video Explainer Pembelajaran “Mari Mengenal Pemilu” Untuk Anak Usia 10-12 Tahun. Jurnal Online Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur, 7(3), 213–221.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Prosiding Seminar Nasional Darmajaya is abstracting and indexing in the following databases:


PROSIDING SEMINAR NASIONAL DARMAJAYA

Diatur Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Diterbitkan Oleh: IIB Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id

E-mail: ProsidingSemnasDJ@darmajaya.ac.id