Pelatihan Pengelolaan Administrasi Sekolah bagi Guru di SD N 1 Talang Jawa Kabupaten Tanggamus Lampung

Lia Rosmalia, Dodi Yudo Setyawan

Abstract


Administrasi sekolah merupakan suatu proses keseluruhan kegiatan yang meliputi perencanaan, pengaturan (pengurus), pelaksanaan, dan pengendalian semua urusan sekolah untuk dapat mencapai tujuan pendidikan dan pengajaran di sekolah. Adminstrasi sekolah umumnya akan memanfaatkan segala sumber (potensi) yang ada di sekolah termasuk personil (kepala sekolah, staff, guru, dan karyawan sekolah lainnya) ataupun material (kurikulum, alat atau media) dan fasilitas (sarana dan prasarana) serta dana yang tersedia secara lebih efektif. administrasi sekolah adalah pengaturan dan pendayagunaan segenap sumber daya sekolah secara efektif dan efisien dalam penyelenggaraan pendidikan agar tujuan pendidikan di sekolah tercapai secara optimal. Administrasi bagi sekolah memiliki peran yang sangat penting karena dijadikan sebagai sumber utama manajemen sekolah untuk mengatur kegiatan belajar mengajar secara tertib sehingga bisa mencapai tujuan sekolah. Target khusus dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan, dan pengetahuan para guru dalam pengoperasian Microsoft Office sebagai media untuk pengelolaan administrasi sekolah sebagai mitra. Adapun tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan keterampilan dan membekali para guru di SD N 1 Talang Jawa Tanggamus melalui kegiatan pelatihann Microsoft Office (Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point). Metode yang digunakan dalam kegiatan ini berupa ceramah, praktek, dan diskusi. Hasil dari pengabdian ini guru memahami dan mampu mempraktekkannya langsung.

Keywords : Pelatihan, Administarsi sekolah, Guru, Microsoft Office.


Full Text:

PDF

References


Kadir, A. & Triwahyuni, T.C. 2013. Pengenalan Teknologi Informasi. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Heny I. Pertiwi, 2018. Pelatihan Microsoft Office Untuk Karyawan dan Kelompok PKK Kelurahan Sawah Baru Tangerang Selatan, Sembadha, vol. 1, Edisi I.

Salamadian Desember 29, 2018. Pengertian Microsoft Word, Excel, Access, Power Point & Fungsinya Undang-Undang Republik Indonesia. 2005.Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14

Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Prosiding Seminar Nasional Darmajaya is abstracting and indexing in the following databases:


PROSIDING SEMINAR NASIONAL DARMAJAYA

Diatur Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Diterbitkan Oleh: IIB Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id

E-mail: ProsidingSemnasDJ@darmajaya.ac.id