Kajian Tanda Pada Poster Iklan Produk IKEA

rohiman rohiman, Ade Mousadecq, Abdi Darmawan, Alfajri Ahmad Ramadhan

Abstract


Dari segi semiotika, iklan merupakan salah satu media yang banyak menggunakan kajian semiotika yang dirancang untuk mempengaruhi masyarakat umum agar menggunakan produk yang ditawarkan melalui media yang digunakan oleh desainer. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperjelas makna dan siknifikasi dari tanda visual IKEA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode semiotika menurut metode semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karya desain visual memiliki isyarat linguistik dan visual, dan makna visual poster iklan IKEA mempengaruhi masyarakat untuk menggunakan produk yang ditawarkan melalui media massa yang digunakan yaitu memberi. oleh desainer IKEA bersifat similarity atau peniruan bentuk dari kenyataan. Semiotika layak untuk dilibatkan dengan cara diterapkan secara aktif sesuai kontekstual sebagai metode analisis simbolik untuk menganalisis karya desain komunikasi visual.

Keywords: Semiotika; Tanda; Makna; Iklan Produk; IKEA


Full Text:

PDF

References


Barthes, Roland. (2007), Membedah Mitos-mitos Budaya Massa: Semiotika atau Sosiologi Tanda, Simbol dan Representasi, Cetakan Pertama, Terjemahan oleh Ikramullah Mahyuddin, Jalasutra: Yogyakarta.

Barthes, Roland. (2009), Mitologi, Cetakan Ketiga, Terjemahan oleh Nurhadi dan A. Sihabul Millah, Kreasi Wacana: Yogyakarta.

Berger, A. A. (2013). Semiotics and Society. San Francisco, Amerika: Emeritus of Broadcast and electronic Communication Arts at San Francisco State.

Budiman, Kris. (2011), Semiotika Visual: Konsep, Isu, dan Problem Ikonisitas, Jalasutra: Yogyakarta

Creswell, John w. (2014), Research Design, Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches atau Research Design, Pendekatan

Durianto, Darmadi, Cicilia Liana, 2004, “Analisis Efektivitas Iklan Televisi Softener Soft & Fresh di Jakarta dan Sekitarnya dengan menggunakan Consumer Decision Model”, Vol. 11, No. 1, Maret.

Inganah, Siti & Subanji. (2013). Semiotik dalam Proses Generalisasi Pola. KNPMV, Himpunan Matematika Indonesia.

Piliang, Yasraf A. (2012), Semiotika dan Hipersemiotika: Gaya, Kode dan Matinya Makna, Matahari: Bandung.

Pujiati, Tri. "Analisis semiotika struktural pada iklan top coffee." Jurnal Sasindo Unpam 3.3 (2017).

Shimp, T. A. (2007). Periklanan Promosi (Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu) (Jilid I, edisi terjemahan). Jakarta: Erlangga.

Widyatama, R. (2011). Teknik Menulis Naskah Iklan. Yogyakarta: Cakrawala.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Prosiding Seminar Nasional Darmajaya is abstracting and indexing in the following databases:


PROSIDING SEMINAR NASIONAL DARMAJAYA

Diatur Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Diterbitkan Oleh: IIB Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id

E-mail: ProsidingSemnasDJ@darmajaya.ac.id