Pengaruh Knowledge Sharing Dan Gaya Kepemimpinan Transformasional Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Honda Arista Rajabasa Lampung

Kurnia Fadila, Jumadi Reza Ferdiansyah, Muhammad Dwiyan, Betty Magdalena

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh knowledge sharing dan gaya kepemimpinan transformasional terhadap produktivitas kerja karyawan Honda Arista Rajabasa Lampung. Populasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah Populasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Honda Arista Rajabasa Lampung, berjumlah 86 karyawan. Metode penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan menggunakan teknik purposive sampling yang dimana pengambilan sampel berdasarkan pada kriteria-kriteria tertentu yang telah ditentukan oleh peneliti. Sampel dalam penelitian ini adalah Sampel dalam penelitian ini adalah adalah karyawan bagian mekanik Honda Arista Rajabasa Lampung yang berjumlah 35 karyawan. Jenis Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan mengunakan metode analisis regresi berganda karena menggunakan lebih dari satu variabel independent yang mempengaruhi variabel dependen. Hasil analisis menyatakan bahwa knowledge sharing dan gaya kepemimpinan transformasional berpengaruh terhadap produktivitas kerja karyawan Honda Arista Rajabasa Lampung.

 

Kata Kunci: Knowledge Sharing, Gaya Kepemimpinan Transformasional, Produktvitas Kerja Karyawan


Full Text:

PDF

References


Adriyanto, A. T., & Prasetyo, A. (2021). Pengaruh Motivasi Intrinsik dan Knowledge Sharing terhadap Produktivitas Kerja Melalui Perilaku Innovatif Sebagai Variabel Intervening. Permana: Jurnal Perpajakan, Manajemen, dan Akuntansi, 13(1), 35-45.

Amalia, Rizki. 2017. Penempatan Dan Pengembangan Pegawai, Jawa Barat: IPDN

Astari, I. Y. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Kemampuan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Dosen Di Universitas Pawyatan Dhaha Kediri. Revitalisasi: Jurnal Ilmu Manajemen, 5(1), 88-96.

Astuti, R. J., & Harsono, M. (2019). Kepemimpinan Transformasional Sebagai Solusi Mengatasi Konflik Interpersonal Dan Perilaku Kontra Produktif Dalam Organisasi. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 1(05), 46-52.

Basit, A. A., Sari, I. T. P., & Wahyu, A. (2019). Knowledge Sharing Behavior, Disiplin Kerja dan Produktivitas Kerja Karyawan pada PT. Astria Mandiri Kadungora. Jurnal Wacana Ekonomi, 18(3), 158-170.

Eka, P. D., & Wibowo, D. A. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Budaya Organisasi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan PT Bank Mandiri TBK Unit RRCR 2 Jakarta Pusat. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 1(4), 527-533.

Hasmin, & Nurung, J. 2021. Manajemen Sumber Daya Manusia. Sumatra Barat: Mitra Cendekia Media

Hasyim, E. F., Subiyanto, D., & Septyarini, E. (2021). Pengaruh lingkungan kerja dan komunikasi terhadap kinerja karyawan dengan knowledge sharing sebagai intervening. INOVASI, 17(3), 430-438.

Kianto, A., Shujahat, M., Hussain, S., Nawaz, F., & Ali, M. (2019). The impact of knowledge management on knowledge worker productivity. Baltic Journal of Management.

Kurniawan, I. S., & Hamdan, M. (2021). Memperkuat Produktivitas: Peran Kepemimpinan Transformasional Dan Lingkungan Kerja Pada Pt. Naga Semut Kebumen. Derivatif: Jurnal Manajemen, 15(1), 1-11.

Lupiyoadi, Rambat Dan Ikhsan, Ridho Bramulya. 2015. Praktikum Metode Riset Bisnis, Jakarta: Salemba Empat. Maliah, M., & Kurniawan, D. (2020). Pengaruh Upah Dan Insentif Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT.

Tirta Bumi Raya Palembang. Jurnal Kompetitif, 9(1), 109-125.

Mawarni, I. (2019). Pengaruh Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai PT Sarana Pembangunan Palembang Jaya Unit Usaha Minyak Dan Gas Kota Palembang. Jurnal Ekobis, 3(9), 1689–1699.

Olayisade, A., & Awolusi, O. D. (2021). The Effect of Leadership Styles on Employee’s Productivity in the Nigerian Oil and Gas Industry. Information Management and Business Review, 13(1 (I)), 47-64.

Partogi, S. A., & Tjahjawati, S. S. (2019). Pengaruh Knowledge Sharing terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Milik Pemerintah. Jurnal Riset Bisnis dan Investasi, 5(3), 46-57.

Setiarlan, A., & Ahmadun, A. (2020). Pengaruh Kompetensi Dan Kepemimpinan Transformasional Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pt Jasa Swadaya Utama. Jurnal Administrasi Dan Manajemen, 10(2), 141-155.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: PT Alfabeta.

Tupamahu, F. A. S., Pelamonia, M., & Pinoa, W. S. (2020). Dampak Moderasi Perilaku Knowledge Sharing dan Teamwork terhadap Produktivitas Dosen. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan), 5(1), 12-23.

Wahyudi, R., & Laily, N. (2020). Pengaruh Knowledge Sharing, Perilaku Inovatif, Dan Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (Jirm), 9(8).

Widyawati, Sapta Rini. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bali: CV. Noah Aletheia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Prosiding Seminar Nasional Darmajaya is abstracting and indexing in the following databases:


PROSIDING SEMINAR NASIONAL DARMAJAYA

Diatur Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Diterbitkan Oleh: IIB Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id

E-mail: ProsidingSemnasDJ@darmajaya.ac.id