Pelatihan Internet Bagi Anak Asuh Untuk Memberikan Keterampilan Teknologi Informasi yang Sehat dan Aman
Abstract
Literasi internet sehat dan aman diperlukan bagi generasi muda unttuk memaksimalkan penggunaan internet untuk hal yang positif dan terhindar dari perilaku dan dampak negatif internet. Literasi ini harus untuk semua kalangan termasuk bagi mereka yang berada dirumah asuh seperti As Sakinah yang saat ini membina 20 anak yatim piatu dan duafa. Berdasarkan alasan ini, maka telah dilakukan pelatihan internet sehat dan aman. Materi yang diberikan adalah teori dan praktik terkait definisi dan kegunaan internet, perangkat keras jaringan interenet, web browser dan pencarian informasi, dan apa itu internet sehat dan aman (INSAN). Dari pemaparan dan post-test yang dilaksanakan oleh anak asuh, secara keseluruhan mereka telah memahami dengan baik fungsi internet dan INSAN.
Keywords : Anak asuh, Insan, Keterampilan hidup, Literasi teknologi informasi, Pendidikan
Full Text:
PDFReferences
Bukht, R., & Heeks, R. (2017). Defining, conceptualising and measuring the digital economy. Development Informatics Working Paper, 68.
Cavaliere, L. P. L., Subhash, N., Rao, P. V. D., Mittal, P., Koti, K., Chakravarthi, M. K., Duraipandian, R., Rajest, S. S., & Regin, R. (2021). The Impact of Internet Fraud on Financial Performance of Banks. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(6), 8126–8158.
Habibi, H. (2020). Hoax: Technological Mechanisms, Moral Degradation, and Critical Loss of Society’s Reason. Diadikasia Journal, 1(1), 93– 102.
Kopeckỳ, K. (2017). Online blackmail of Czech children focused on so-called “sextortion”(analysis of culprit and victim behaviors). Telematics and Informatics, 34(1), 11–19.
Leukfeldt, E. R., Jansen, J., & Stol, W. P. (2014). Child pornography, the Internet and juvenile suspects. Journal of Social Welfare and Family Law, 36(1), 3–13.
Mailizar, M., Almanthari, A., Maulina, S., & Bruce, S. (2020). Secondary School Mathematics Teachers’ Views on E-learning Implementation Barriers during the COVID-19 Pandemic: The Case of Indonesia. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(7), em1860. https://doi.org/10.29333/ejmste/8240
Mochamad, R. (2020). Literasi Internet Sehat Terhadap Siswa Sekolah Dasar Di Desa Tanjakan Banten. Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), 2(1), 116–119. https://doi.org/10.37385/ceej.v2i1.151
Portnoy, J., Waller, M., & Elliott, T. (2020). Telemedicine in the era of COVID-19. The Journal of Allergy and Clinical Immunology: In Practice, 8(5), 1489–1491.
Sureda Garcia, I., López Penádes, R., Rodríguez Rodríguez, R., & Sureda Negre, J. (2020). Cyberbullying and Internet Addiction in Gifted and Nongifted Teenagers. Gifted Child Quarterly, 64(3), 192–203. https://doi.org/10.1177/0016986220919338
Syahputri, R., & Alifiya, M. (n.d.). CaFiAR: Software to Learn Fish Cultivation in the Bucket to Support Food Security Program in Society. 6. Syahputri, R., & Darmawan, J. (2022). Menumbuhkembangkan Keterampilan Budidaya Ikan dan Sayuran Untuk Ketahanan Pangan di Panti
Asuhan As Sakinah. 1, 16.
Syahputri, R., Nurfiana, & Nahal, S. R. (2017). VP-Lab: A virtual way to stay connected with programming laboratory. 2017 11th International Conference on Telecommunication Systems Services and Applications (TSSA), 1–4. https://doi.org/10.1109/TSSA.2017.8272923
Wu, C. S. T., Wong, H. T., Yu, K. F., Fok, K. W., Yeung, S. M., Lam, C. H., & Liu, K. M. (2016). Parenting approaches, family functionality, and internet addiction among Hong Kong adolescents. BMC Pediatrics, 16(1), 130. https://doi.org/10.1186/s12887-016-0666-y
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Darmajaya is abstracting and indexing in the following databases:
PROSIDING SEMINAR NASIONAL DARMAJAYA
Diatur Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)
Diterbitkan Oleh: IIB Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id
E-mail: ProsidingSemnasDJ@darmajaya.ac.id