Penerapan Data Mining Untuk Menghasilkan Pola Pembelian Roti Menggunakan Algoritma Apriori

Nurul Hidayati, Handoyo Widi Nugroho, Nurjoko Nurjoko

Abstract


Teknologi informasi yang berkembang pesat mempengaruhi setiap lini kehidupan. Hal ini menyebabkan  manusia memiliki akses penyimpanan data dalam jumlah besar dengan biaya yang murah. Namun sangat disayangkan ketika terjadi kondisi dimana mempunyai banyak data tetapi minim informasi. Kondisi seperti ini sering terjadi dibidang retail. Oleh karena itu, diperlukan suatu metode untuk menemukan pengetahuan dalam tumpukan data yang menggunung. Teknik itu disebut dengan data mining. Data mining adalah proses ekstraksi data menggunakan irisan metode machine learning, statistika, artificial intelligence, dan system database. Penelitian dilakukan menggunakan metode Knowledge Discovery in Database (KDD) dan algoritma apriori. Algoritma ini mencari rules dengan menghitung nilai support dan confidence dari setiap itemset. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan teknik data mining dalam pencarian pola pembelian roti, sehingga bermanfaat untuk pengambilan keputusan seperti penjadwalan restock, dan penempatan barang. Analisis dilakukan menggunakan tools rapidminer. Hasilnya, ditemukan pengetahuan berupa sebuah pola pembelian roti dan informasi tentang roti yang paling banyak diminati.


Full Text:

PDF

References


Gunadi, G., & Sensuse, D. I. (2012). Penerapan Metode Data Mining Market Basket Analysis Terhadap Data Penjualan Produk Buku Dengan Menggunakan Algoritma Apriori Dan Frequent Pattern Growth (FP-Growth) : Studi Kasus Percetakan PT. Gramedia. Jurnal TELEMATIKA MKOM, 118-132.

Nofriansyah, D. (2014). Konsep Data Mining VS Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Penerbit Deepublish. Nofriansyah, D., & Nurcahyo, G. W. (2015). Algoritma Data Mining Dan Pengujian. Sleman: Penerbit Deepublish. Nofriansyah, D., Yetri, M., Erwansyah, K., & Suharsil. (2019). Penerapan Data Mining Dalam Menganalisa Data

Penjualan Untuk Mendapatkan Pola Rekomendasi Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori Pada K3 Mart .

Sains dan Komputer (SAINTIKOM), 176-182.

Novianti, D. (2019). Implementasi Algoritma Naïve Bayes Pada Data Set Hepatitis Menggunakan Rapid Miner .

Jurnal Komputer dan Informatika, 38-49.

Sikumbang, E. D. (2018). Penerapan Data Mining Penjualan Sepatu Menggunakan Metode Algoritma Apriori.

Jurnal Teknik Komputer, 156-161.

Sumpena, J., & Kurnia H., N. (2019). Analisis Prediksi Kelulusan Siswa PKBM Paket C Dengan Metoda Algoritma

Naive Bayes. TED C, 127-133.

Susilo, A. A. (2018). Penerapan Algoritma Apriori Pada Pengelolaan Data Transaksi Penjualan di Minimarket Priyo

Kota Lubuklinggau. JTKSI, 39-46.

Yanto, R., & Khoiriah, R. (2015). Implementasi Data Mining dengan Metode Algoritma Apriori dalam Menentukan

Pola Pembelian Obat. Citec Journal, 102-113.

Darmawan, A. (2015). Penerapan Data Mining Menggunakan Association Rules Untuk Mendukung Strategi

Pemasaran. Jurnal Teknologi Informasi Magister, 1(01), 17-32.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Prosiding Seminar Nasional Darmajaya is abstracting and indexing in the following databases:


PROSIDING SEMINAR NASIONAL DARMAJAYA

Diatur Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Diterbitkan Oleh: IIB Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id

E-mail: ProsidingSemnasDJ@darmajaya.ac.id