Sistem Pengembangan E-Customer Relationship Management (Crm) Penjadwalan Service Pada Perusahaan Auto M-Two Bandar Lampung

Halimah Halimah, Daniel Kristian, Heru Ardiansyah

Abstract


Auto M-Two merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa yaitu memperbaiki kerusakan pada mobil dalam waktu yang singkat atau masyarakat biasa menyebutnya dengan ketok magic. Saat ini, sistem promosi dan pelayanan service di Auto M-Two  masih dilakukan  secara  konvensional. Promosi dilakukan  dengan  membagikan  brosur perusahaan. Lalu  pelanggan mendatangi Auto M-Two untuk mendapatkan informasi lebih detail mengenai service kendaraan. Setelah mendapatkan informasi mengenai service, pelanggan yang berminat untuk menservice akan melakukan konsultasi pada bagian service counter terlebih dahulu mengenai kendala pada kendaraan yang akan di service tersebut. Tidak sedikit pelanggan yang meninggalkan tempat service dikarenakan pelanggan harus mengantri sedangkan pelanggan terkadang tidak memiliki banyak waktu untuk menunggu antrian menservice kendaraan. Tidah hanya itu, dengan proses yang masih berjalan secara konvensional tersebut Auto M-Two mengalami kerugian atas perginya pelanggan yang disebabkan oleh penumpukan pelanggan tersebut. Berdasarkan masalah yang ada untuk peningkatan kepercayaan dan kepuasan terhadap pelanggan dalam melakukan pelayanan penjadwalan service, penulis sistem  Pengembangan  E-Customer  Relationship  Management  (CRM)  Penjadwalan  Service  pada  perusahaan  Auto  M-Two Bandar  Lampung  dengan  berbasis  web  dengan  metode  secara  tersruktur  dengan  tahapan  penyelesaian  masalah  penulis melakukan analisis sistem berjalan, requirement, desain, pembuatan kode program, pengujian dan pendukung. Dengan adanya sistem tersebut pihak Auto M-Two dapat menyebarluaskan informasi  kepada masyarakat melalui website perusahaan yang telah disediakan, sehingga pelanggan akan lebih mudah dalam mendapatkan informasi yang berkaitan dengan service di Auto M-Two. Selain itu, dengan menggunakan website ini, pelanggan dapat melakukan konsultasi dan booking jadwal service kendaraan yang disediakan pada website. Sehingga, penumpukan pelanggan di AUTO M-Two dapat di minimalisir dengan baik. Pelanggan hanya perlu melakukan registrasi terlebih dahulu, pelanggan dapat mengakses website untuk melakukan konsultasi dan pembookingan jadwal service kendaraan.


Full Text:

PDF

References


Abdul Kadir. 2014. Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. Andi.Yogyakarta.

Budi Raharjo. 2016. Modul Pemrograman WEB ( HTML, PHP, MySQL) (edisi 3). Penerbit MODULA, Bandung. I Putu Agus Eka Pratama, Sistem Informasi Dan Implementasinya, 1st ed. Bandung: Informatika bandung, 2014. Rosa A..S dan M. Shalahuddin (2014) model SDLC air terjun (waterfall).

Tata Sutabri, Konsep Sistem Informasi, 1st ed. Yogjakarta: Penerbit Andi, 2012

W. A. Tunggal, Balance Scorecard: Mengukur Kinerja Bisnis, Jakarta: Harvarindo, 2009. https://www.qontak.com/blog/apa-itu-crm-definisi-fungsi-pengunaannya/ https://ranahresearch.com/metode-

waterfall/#:~:text=Metode%20Waterfall%20merupakan%20pendekatan%20SDLC,desain%2C%20dan%20im

plementasi%20pada%20sistem. https://www.hestanto.web.id/crm/

Arifin, M., & Rudyanto, A. (2010, June). Perancangan Sistem Informasi Penjadwalan Produksi Paving Block Pada

CV. Eko Joyo. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).

HALIMAH, H., & Kinanti, D. (2017). E-Customer Relationship Management (CRM) untuk Sistem Informasi Paket Wisata pada CV Alea Tour & Travel Bandar Lampung. Explore: Jurnal Sistem informasi dan telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika), 8(2).

Purwati, N., Halimah, H., & Rahardi, A. (2018). Perancangan Website Program Studi Sistem Informasi Institut Informatika Dan Bisnis Darmajaya Bandar Lampung. SIMADA (Jurnal Sistem Informasi dan Manajemen Basis Data), 1(1), 71-80.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Prosiding Seminar Nasional Darmajaya is abstracting and indexing in the following databases:


PROSIDING SEMINAR NASIONAL DARMAJAYA

Diatur Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Diterbitkan Oleh: IIB Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id

E-mail: ProsidingSemnasDJ@darmajaya.ac.id