Pengembangan Dan Pelatihan Ekonomi Kreatif Berbasis Sumber Daya SDIT Insantama

Lukmanul Hakim, Indra Jaya, Supriyadi Supriyadi

Abstract


Ekonomi kreatif di landasi atas gagasan baru di dunia perekonomian yang mengutamakan kreativitas dan informasi.Hal ini merujuk  pada  kreativitas  manusia  yang  tidak  terbatas  sehingga  bisa dimanfaatkan  sebagai  faktor  produksi.  Sekolah  SDIT Insantama adalah salah satu   potensi sumberdaya yang pemanfaatannya belum optimal. Salah satu potensi yang penting diperhatikan adalah sumberdaya manusianya, dengan kemampuan kreatifitas yang manusia miliki mampu menciptakan sumberdaya terbatas dan bernilai jual ekonomis tinggi.bertujuan memotivasi para guru untuk mengembangkan kreatifitasnya mengembangkan sumberdaya yang potensial tersebut. Hasil pengabdian yang dilakukan kepada dewan guru adalah dapat mengembangkan   kreatifitas mengajar yang semula belum mengerti membaca peluang yang ada setelah mendapat pelatihan mereka antusias ingin mengembangkan berbagai kreatifitasnya bagaimana memanfaatkan sumberdaya yang terdapat di SDIT Insantama menjadi produk yang bernilai ekonomi tinggi. Setelah mengikuti   pelatihan   dewan guru juga membuat suatu kelembagaan yang mendukung tujuan tersebut yakni dengan mendirikan “kelas kreatif SDIT Insantama”. Pelaksanaan kegiatan pengabdian yang dilakukan di SDIT Insantama di Provinsi Lampung dan Kota Bogor kepada pada guru dapat disimpulkan antara lain Pelatihan memberikan dampak positif kepada para guru dalam peningkatan kompetensi, selain itu adanya pelatihan yang diberikan berdampak pada peningkatan ekonomi kreatif yang bernilai jual ekonomis tinggi, meningkatkan kompetensi dan kreatifitas para guru untuk lebih berinovasi dan mengembangkan diri. Saran untuk kedepannya agar para guru SDIT Insantama hendaknya  terus  secara  berkelanjutan  belajar untuk  mengoptimalkan  dan  berkreasi  serta  meningkatkan  kemampuan  dalam ekonomi kreatif.


Full Text:

PDF

References


Purnomo, R. A. (2016). Ekonomi Kreatif Pilar Pembangunan Indonesia.Ziyad Visi Media. Howkins, J. (2002). The creative economy: How people make money from ideas. Penguin UK.

Arita, S., Evanita, S., & Syofyan, R. (2020).Pengembangan karakter wirausaha dalam pelajaran ekonomi bagi guru ekonomi di Kota Padang. Jurnal Ecogen, 3(2), 294-298.

Fitria, F. (2021). Ekonomi Kreatif Berbasis Budaya Lokal. AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 2(1), 27-34.

Febriani, O. M., Yuliawati, D., & Maria, D. (2019).KETERAMPILAN MENJAHIT BAGI ANAK PANTI ASUHAN RUMAH YATIM DI KOTA BANDAR LAMPUNG. Dharmakarya, 8(4), 216-219.

https://www.hestanto.web.id/ekonomi-kreatif/ , diakses tanggal 08 agustus 2021


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Prosiding Seminar Nasional Darmajaya is abstracting and indexing in the following databases:


PROSIDING SEMINAR NASIONAL DARMAJAYA

Diatur Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Diterbitkan Oleh: IIB Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id

E-mail: ProsidingSemnasDJ@darmajaya.ac.id