Analisis Positioning Aplikasi E-Wallet Berdasarkan Persepsi Konsumen di Bandar Lampung

Niken Paramitasari, Vera Idayanti

Abstract


Perubahan perilaku masyarakat yang melakukan aktivitas secara online semakin meningkat, diantaranya transaksi cashless yang menggunakan uang elekronik. Perilaku tersebut mengakibatkan semakin berkembangnya perusahaan yang menciptakan produk guna memenuhi kebutuhan konsumen seperti electronic wallet (e-wallet) atau dompet digital. Semakin banyak perusahaan yang menciptakan e-wallet maka persaingan semakin ketat. Perusahaan harus bisa menentukan strategi yang tepat untuk memenangkan

pasar. Hal ini dapat dilakukan dengan melihat peta posisi antar perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui positioning e-wallet Gopay, Ovo, Dana, ShopeePay dan LinkAja di Bandar Lampung berdasarkan persepsi konsumen. Atribut yang digunakan adalah Ease to Use, Promosi, Kondisi Pendukung, Nilai Harga, Perceived Usefullness dan Trust yang diberikan oleh perusahaan e-wallet tersebut. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menggunakan teknik Multidimensional Scaling (MDS), analisis ini memberikan gambaran positioning e-wallet yang menampilkan persepsi konsumen sesuai atribut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-wallet paling banyak digunakan adalah Gopay dan Ovo berdasarkan atribut ease to use, promosi, kondisi pendukung, nilai harga, perceived usefulness dan trust. Dana paling banyak digunakan berdasarkan atribut trust dan ShopeePay paling banyak digunakan berdasarkan atribut perceived usefulness. Sedangkan LinkAja adalah yang jarang digunakan berdasarkan hasil penelitian.

Full Text:

PDF

References


Aswin, A., Wahidun, A. 2016. Analisis Atribut Produk Samsung Dan Asus Menggunakan Metode Multidimensional

Scaling (MDS) Di Bandar Lampung. Jurnal Bisnis Darmajaya,Vol 02. No.02 Juli.

Putri, D.S., Wahyuningsih, S., Goejantoro, R, 2018. Analisis Positioning dengan Menggunakan Multidimensional Scaling Nonmetrik (Studi Kasus :Data Persepsi dan Preferensi Konsumen Berdasarkan Merek Smartphone di Samarinda, Kalimantan Timur). Jurnal FMIPAUniversias Mulawarman Vol. 9 No. 1.

Shaury, S., 2019. Analisis Positioning E-Wallet Berdasarkan Perceptual Mapping. Seiko: Journal of Management & Business, 3(1), 187-198

Tarikan, M., Gultom, P., 2018. Analisis Positioning E-Commerce Dengan Metode Multi Dimensional Scaling. Jurnal

Ilmiah Methonomi Volume 4 Nomor 1.

Kotler dan Keller.2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 jilid I. Penerbit Erlangga. Jakarta. Tjiptono, Fandy. 2008, Strategi Pemasaran. Edisi III. Penerbit Andi Yogyakarta.

Yamin Sofyan dan Kurniawan Heri. 2013. SPSS Complete. Edisi 2. Salemba Infotek. Jakarta.

Khoerunnisa, R., Rubiyanti, R.N., 2020. Analisis Perceptual Mapping Pada Keempat E- Wallet Di Indonesi

Berdasarkan Persepsi Konsumen (Studi Pada Pengguna E-Wallet di Bandung). eProciding of Management Vol

No. 2.

Munsyarif, A., Sharif, O., 2017. Analisis Positioning Smartphone Berdasarkan Persepsi Konsumen di Indonesia (studi pada merek samsung, iphone,Blackberry, nokia), eProciding of Management Vol.4, No.1, April, Telkom University. Bandung.

Perkasa, H. R., & Setiawati, C. I. (2020).Analisis Preferensi Konsumen Dalam Memilih Electronic Wallet (E-Wallet) Di Kota Bandung.eProceedings of Management, 7(2).

Serena, M., Rachmawati, I., Prabowo, S.A., 2016. Analisis Positioning Phablet Berdasarkan Persepsi Konsumen Di Indonesia (Studi Pada Phablet Merek Apple, Samsung, Asus Zenfone, Xiaomi, Lenovo dan LG. eProciding of Management Vol. 3 No. 2 Agustus.

Suryadinata, A.S., Ariyanti, M., Sumrahadi, S. 2017. Analisis Positioning Situs Reservasi Tiket Online Berdasarkan Persepsi Konsumen Di Indonesia Tahun 2016 (Studi Pada Situs Traveloka, Tiket, Tiket2, Pegipegi, Dan Nusatrip). eProciding of Management Vol.4, No.2 Agustus.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Prosiding Seminar Nasional Darmajaya is abstracting and indexing in the following databases:


PROSIDING SEMINAR NASIONAL DARMAJAYA

Diatur Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Diterbitkan Oleh: IIB Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id

E-mail: ProsidingSemnasDJ@darmajaya.ac.id