Analisis Kinerja Koperasi Simpan Pinjam Berbasis Balanced Scorecard

Dwi Herinanto, Lukmanul Hakim, Khaidarmansyah Khaidarmansyah

Abstract


Di Indonesia, pelaku ekonomi antara lain perseorangan, badan usaha, BUMN, dan koperasi. Agar keberadaan koperasi memberi kontribusi yang optimal dan menyejahterakan bagi anggotanya, koperasi harus dikelola oleh pengurus secara jujur, kehati-hatian, memiliki komitmen, konsisten, transparan, dan profesional dengan menjaga pinjaman lalai berada di bawah 5% dari total pinjaman beredar, menjaga rasio likuiditas 10%-20% dari total aset, menjaga rasio pinjaman beredar antara 70%-80% dari total aset, dan menjaga pertumbuhan jumlah anggota minimal 10% per tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja Pengurus Koperasi Simpan Pinjam Mekar Sai. Penelitian ini menggunakan metode analitik komparatif dengan mengambil data selama satu tahun (1 Januari 2020-31 Desember 2020). Data diperoleh melalui data primer dan data sekunder kemudian dianalisis menggunakan metode komparatif yaitu melakukan evaluasi rencana kerja tahun 2020 yang dibuat oleh Pengurus koperasi yang telah ditetapkan sebelumnya kemudian membandingkan dengan realisasi kerja Pengurus koperasi tahun 2020, dan diberi skor sesuai kriteria. Dari hasil penelitian yang dianalisis menggunakan metode balanced scorecard dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hasil kinerja manajemen koperasi yang seragam (homogen). Penilaian kesehatan KSP Mekar Sai yang dilakukan oleh instansi terkait, dalam hal ini  Dinas  Koperasi,  Usaha  Kecil,  dan  Menengah  Provinsi  Lampung  yang  dituangkan  dalam  Surat  Keputusan  Nomor:

13/V.15/WAS.1/IX/2020 tertanggal 7 September 2020, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Lampung memberikan penilaian

dengan predikat “Cukup Sehat”. Adapun capaian kinerja manajemen KSP Mekar Sai secara parsial bahwa kinerja perspektif keuangan memperoleh skor 95,52% (Baik), kinerja perspektif pelanggan/pemilik/anggota memperoleh skor 86,40% (Baik), kinerja perspektif proses bisnis internal memperoleh skor 98,33% (Baik), dan kinerja perspektif pertumbuhan dan pembelajaran memperoleh skor 87,00% (Baik). Skor kinerja manajemen Kopdit Mekar Sai secara agregatif dan kumulatif berdasarkan metode balanced scorecard diperoleh skor secara kuantitatif sebesar 92,87% yang dinyatakan secara kualitatif tergolong dalam level 3, rate B, dan klasifikasi kinerja “Baik”.

References


Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Koperasi Simpan Pinjam Mekar Sai. Buletin Insan Edisi 27 Tahun ke-14. 2020. Bandar Lampung: KSP Mekar Sai.

Budiarti, I. (2011). Balanced Scorecard Sebagai Alat Ukur Kinerja Dan. Balanced Scorecard Sebagai Alat Ukur

Kinerja Dan Alat Pengendali Sistem Manajemen Strategis, 6(May 2014).

Chukwu, S. C. (2013). Bisnis Koperasi Pendekatan Mikroekonomi Inkopdit. Publikasi Inkopdit, Jakarta

Elias, A. dan Situngkir, B. S. L. Situngkir. (2006). Manajemen Perkreditan. Publikasi Inkopdit, Jakarta.

Kaplan, R. S. and Norton, D. (1991). The Balanced Scorecard Measures that Drive Performance. Prentice Hall Inc.,

New Jersey.

Lufriansyah, L. (2020). Balance Scorecard dalam Mengukur Kinerja Perusahaan PT Pertamina (PERSERO). Jurnal Humaniora: Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi Dan …, 4(1), 98–105. http://103.52.61.43/index.php/humaniora/article/view/514

Munaldus. 2005. Mencegah Kredit Lalai di Credit Union Edisi Ke-2. Inkopdit, Jakarta.

Peraturan Deputi Bidang Pengawasan Kementerian Koperasi dan UKM Nomor 06/Per/Dep.6/IV/2016. Peraturan Menteri Negara Koperasi dan UKM No. 20/Per/M.KUKM/XI/2008.

Permatasari, N. C., & Dwiarti, R. (2016). Mengukur Kinerja Unit Simpan Pinjam Kopari Catra Gemilang Magelang

Tahun 2014 Dengan Analisis Balanced Scorecard. Jurnal Perilaku Dan Strategi Bisnis, 4(2), 108–122. https://doi.org/10.26486/jpsb.v4i2.451

Riyana, D. (2017). Pengukuran Kinerja Perusahaan PT Indofood dengan Menggunakan Balanced Scorecard. Jurnal Sekuritas (Saham, Ekonomi, Keuangan Dan Investasi), 1(22), 42–53. http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=1050506&val=15736&title=PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN PT INDOFOOD DENGAN MENGGUNAKAN BALANCED SCORECARD

Rusli, Tami. (2017). Sistem Badan Hukum Indonesia. Aura Publishing, Lampung.

Sari, M., & Arwinda, T. (2015). Analisis Balanced Scorecard Sebagai Alat Pengukuran Kinerja Perusahaan PT Jamsostek Cabang Belawan. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 15(1), 52–64.

Sarjono, H., Pujadi, A., & Wong, H. W. (2010). Penerapan Metode Balanced ScoreCard Sebagai Suatu Sistem Pengukuran Kinerja pada PT Dritama Brokerindo, Jakarta Timur. Binus Business Review, 1(1), 139. https://doi.org/10.21512/bbr.v1i1.1063

Standar Operasional Manajemen KSP Mekar Sai.

Sudijono, Anas. 2012. Pengantar Statistik Pendidikan. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan: pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta, Bandung.

Tahaka, Y. C. (2011). Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Alat Ukur Kinerja Pada Pt. Bank Sulut. Jurnal EMBA ISSN 2303-1174, 1(4), 402–413. https://media.neliti.com/media/publications/1794-ID-penerapan-balanced- scorecard-sebagai-alat-ukur-kinerja-pada-pt-bank-sulut.pdf

Triono, R. A. 2010. Modul Metode Riset Bisnis. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Jakarta. Trisnaningsih, S. (2007). INDEPENDENSI AUDITOR DAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI MEDIASI

PENGARUH PEMAHAMAN GOOD GOVERNANCE, GAYA KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA AUDITOR. Simposium Nasional Akuntansi X, 1–56. www.multiparadigma.lecture.ub.ac.id

Trisyulianti, E. (2016). Perancangan Balanced Scorecard sebagai Pengukuran Kinerja pada PT Asuransi MSIG Indonesia Ramadhani Menurut Dewi ( 2001 ), penerapan pengukuran kineja dengan metode balanced produktivitas yang dihasilkan oleh karyawan . Menurut Abrar ( 2005 ), balance sco. VII(2), 140–153.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian.

Utama, P. B., & Sukma, N. P. (2013). Penilaian Kinerja Berbasis Balanced Scorecard, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia Bisnis perbankan yang kompetitif era mengakibatkan suatu semata tanpa memperhitungkan di Untuk mengatasi masalah mengenai kelemahan s. E-Jurnal Akutansi Universitas Udayana, 2(58), 497–515. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/7070

Widyastuti, I. T., Indriana, I., Umar, A., & ... (2018). Analisis Kinerja Perusahaan Dengan Metode Balanced

Scorecard (Studi Kasus Pt Xyz Bergerak Di Bidang Telekomunikasi). Jurnal Administrasi …, 3(September

, 124–137. http://www.jurnal.stiks-tarakanita.ac.id/index.php/JAK/article/view/35

Zikrilla, M. (2019). Pengukuran Kinerja Perusahaan PT. Unilever.Tbk Menggunakan Metode Balanced Scorecard.

Skripsi. http://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/11936


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Prosiding Seminar Nasional Darmajaya is abstracting and indexing in the following databases:


PROSIDING SEMINAR NASIONAL DARMAJAYA

Diatur Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Diterbitkan Oleh: IIB Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id

E-mail: ProsidingSemnasDJ@darmajaya.ac.id