Pelatihan Keterampilan Komputer Bagi Anak-Anak Panti Asuhan Rumah Yatim Bandar Lampung

Suhendro Yusuf Irianto, Isnandar Agus, Ochi Marshella Febriani, Dona Yuliawati

Abstract


Permasalah yang dimiliki Panti Asuhan Rumah Yatim Aarohman cabang Lampung sacara umum sama dengan panti asuhan lainnya yaitu, kurangnya dana, fasilitas dan tenaga pengasuh atau sukarelawan yang dapat membantu memberikan pelatihan ketrampilan. Dimana salah satu fungsi dari Panti Asuhan menurut Depsos RI 2004, sebagai pusat pengembangan ketrampilan (yang merupakan fungsi penunjang). Tujuan dari program pengabdian kali ini adalah membuat anak-anak panti mempunyai motivasi yang kuat menjalani hidup yang sekarang mereka jalani, dengan memberi bekal keterampilan yang akan mereka gunakan untuk masa depan mereka kelak. Sedangkan target dari kegiatan ini adalah membuat anak-anak panti mempunyai keterampilan merakit dan memperbaiki komputer desktop.  Selain itu beberapa dari mereka mempunyai kemampuan untuk men- design brosur-brosur, undangan, spaduk, banner, edit foto, dan mencetak foto serta bisa menggunakan Ms. Office (word dan excel).  Disamping itu, dengan pelatihan dan bimbingan ini maka diharapkan anak-anak panti yang dilatih dapat mahir dalam merakit dan memperbaiki komputer, sehingga mereka bisa dapat membuka usaha sebagai teknisi komputer dengan membuka service  komputer di panti tempat mereka tinggal.   Sedangkan  beberapa anak lainnya dilatih  tentang desain, grafik, dapat membuka  usaha  cuci  dan  editing  foto.  Untuk  anak  yang  dilatih  Ms.  Office  diharapkan  dapat  membuka  usaha  menerima pengetikan naskah. Metode yang dikerjakan dalam kegiatan ini adalah dengan pelatihan dan bimbingan, dimana pelatihan dilakukan dengan praktek sebanyak 80% dan teori 20%. Dari pelatihan yang diikuti oleh 15 anak panti asuhan 80% anak-anak dapat menguasai multimedia dan ms. Office setelah dilakukan tes pada pertemuan akhir pelatihan.

Full Text:

PDF

References


Lestari, P. A., & Lestari, N. P. E. B. (2019). Pelatihan Aplikasi Perkantoran Menggunakan Microsoft Office Di

Panti Asuhan Rumah Impian Kota Denpasar. Jurnal Lentera Widya,1(1),30-34.)

Alwi, S. (2017). Problematika guru dalam pengembangan media pembelajaran. ITQAN:Jurnal Ilmu-Ilmu

Kependidikan, 8(2),145-167.

Arif S.Sadiman, dkk. (2002). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Memanfaatkannya. Remaja

Rosdakarya.

H. Asnawir dan M.Basyiruddin Usman.(2002). Media Pembelajaran: Pelaksanaan pengasuhan dalam panti asuhan bukan saja kewajiban dari pihak Panti Asuhan,melainkan juga tanggung jawab dari pemerintah, pihak swasta yang memiliki kompetensi dan profesi pekerjaan Ciputat Pers.

Tan S. C. & Angela F. L. Wong (Eds.). Teaching and learning with technology: An asia-pacific perspective. (Singapore: Prentice Hall.20

Arif S.Sadiman, dkk., Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Memanfaatkannya, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002),h.6.

H. Asnawir dan M.Basyiruddin Usman, Media Pembelajaran (Jakarta: Ciputat Pers, 2002), h.38.

Pelaksanaan pengasuhan dalam panti asuhan bukan saja kewajiban dari pihak Panti Asuhan,melainkan juga tanggung jawab dari pemerintah, pihak swasta yang memiliki kompetensi dan profesi pekerjaan sosial.(Depsos,1997).

Tan S. C. & Angela F. L. Wong (Eds.). Teaching and learning with technology: An asia-pacific perspective. (Singapore: Prentice Hall.20

http://staffnew.uny.ac.id/upload/197410142008121001/pendidikan/Modul+Praktikum.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Prosiding Seminar Nasional Darmajaya is abstracting and indexing in the following databases:


PROSIDING SEMINAR NASIONAL DARMAJAYA

Diatur Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Diterbitkan Oleh: IIB Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id

E-mail: ProsidingSemnasDJ@darmajaya.ac.id