Peningkatan Ekonomi Bagi Kelompok Ibu-Ibu Tenaga Kerja Outsouching Melalui Pelatihan Pembuatan Masker

Amnah Amnah, Indera Indera, Pebrina Pebrina, Halimah Halimah, Indera Jaya, Fitri Agustina

Abstract


Covid 19 merupakan virus  yang  membuat semua orang membatasi gerak dan aktifitas keseharian,  pembatasan gerak ini tidak hanya dikalangan umum, tetapi juga terjadi dilingkungan akademisi, tidak terkecuali Institut nformatika dan Bisnis Darmajaya, dimana Mahasiswa yang datang kekampus dibatasi, karyawan juga diperlakukan sama, tidak semua bisa bertemu diwaktu yang bersamaan,  pemberlakuan  WFH  dan  WFO  50%  sampai  100% telah  dilakukan  sebagai  upaya  menekan  tingkat  penularan. Dilingkungan Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya terdapat tenaga kerja Outsouching yang dinaungi oleh Perusahaan lain dan bekerjasama dengan Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya dalam mengelola Kebersihan Gedung. Interaksi Tenaga Outsourching di semua bagian dan juga bertemu dengan  orang-orang yang datang ke Darmajaya dengan berbagai kepentingan memiliki resiko tertular yang tinggi, Pemakaian masker menjadi satu kewajiban bagi mereka dan semua yang memasuki Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya dalam sehari sedikitnya mereka berganti masker 2 sampai 3 kali, untuk menekan pengeluaran, maka TIM Pengabdi akan memberikan pelatihan pembuatan masker dengan berbagai model yang mereka dapat gunakan sendiri dan juga dapat dijual, sehingga dapat membantu perekonomian mereka. Masker menjadi atribut wajib dalam keluar rumah, selain untuk melindungi diri kita, juga untuk melindungi orang lain, dan ini menciptakan peluang usaha yang baik, karna semua orang membutuhkan masker dalam jumlah yang banyak. Sehingga pelatihan dan peningkatan keterampilan yang akan diberikan akan memberikan manfaat yang besar bagi Tenaga Kerja Outsorching yang ada di Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya.

Full Text:

PDF

References


I Dewa Made Budhyani dkk, PELATIHAN MEMBUAT MASKER KAIN BAGI IBU-IBU PKK DI DESA BAKTISERAGA SINGARAJA BALI, Proceeding Senadimas Undiksha 2020| 21 (alamat URL, artikel https://lppm.undiksha.ac.id/senadimas2020/assets/ProsidingSenadimas2020/file/107.pdf )

Ashar, S. (2020). Mengenal Jenis Masker yang Pas untuk Kita Pakai Melawan Virus Corona. https://kesehatan.kontan.co.id/news/yuk- mengenal-jenis-masker-yang-pas-untuk- kita-pakai-melawan-virus- corona?page=all. Diakses tanggal 13 April 2020.

Anonim, (2020). Cara Membuat Masker Kain Tanpa Mesin Jahit. https://kumparan.com/kumparanwoman/c ara-

membuat-masker-kain-tanpa-mesin-jahit-1tB43VD2ab2. Diakses tanggal 13 April 2020.

Trossman, S. (2016). Respirator or procedure mask? Resource available to help nurses, patients stay safe. http://www.theamericannurse.org/index.p hp/2016/03/16/respirator-orprocedure- mask/. Diakses tanggal 14

April 2020.

Muthia, A. dan Hendrawan, A. (2017). Perancangan Masker Sebagai Alat Pelindung Diri Bagi Pengendara Sepeda

Motor Wanita. Artikel dalam https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/atrat/art icle/view/339. Diakses tanggal 11 April

Purwanti, Ika. (2014). Hubungan pemakaian Masker terhadap Kapasitas Vital Paksa dan volume Ekspirasi Paksa Detik Pertama pada Pekerja Pengolahan Kelapa Sawit PT. Perkebunan Nusantara XIII Rimba elian Kabupaten Sanggau. Naskah Publikasi Fakultas Kedokteran, Universitas Tanjungpura. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jfk/arti cle/view/8956/8893. Diakses tanggal 14 April 2020


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Prosiding Seminar Nasional Darmajaya is abstracting and indexing in the following databases:


PROSIDING SEMINAR NASIONAL DARMAJAYA

Diatur Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Diterbitkan Oleh: IIB Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id

E-mail: ProsidingSemnasDJ@darmajaya.ac.id