Rancang Bangun E-Marketplace Untuk Eskalasi Penjualan Ikan Cupang Di Tengah Pandemi Covid-19
Abstract
Perkembangan teknologi yang semakin maju dari masa ke masa membuat adanya pergeseran pada sistem penjualan. Sistem penjualan saat ini mulai beralih ke online, terlebih efek dari pendemi Covid-19. Dalam berjualan online, banyak produk yang ditawarkan melalui media sosial maupun E-Marketplace, salah satunya ikan cupang. Ikan cupang merupakan salah satu ikan hias yang memiliki fisik kuat. Ikan cupang dapat hidup di tempat minim oksigen dan bisa dipelihara dalam toples kecil tanpa aerato r, kemampuan ini didapat kerena ikan cupang memiliki rongga labirin yang dapat membuatnya bertahan hidup di lingkungan yang minim oksigen. Penjualan ikan cupang melalui media sosial maupun E-Marketplace saat ini belum memiliki fitur yang spesifik untuk memfasilitasi penjualan ikan cupang dengan baik. Hal tersebut disebabkan media sosial belum bisa menyediakan keamanan bertransaksi antara penjual dan pembeli, terbukti banyaknya kasus penipuan online yang berasal dari media sosial. Sedangkan, E-Marketplace yang ada saat ini memiliki fitur yang masih luas agar dapat menampung banyak produk di platform tersebut. Di samping itu, penjual ikan cupang biasanya masih melakukan pencatatan keuangan secara manual, sehingga diperlukan adanya sistem pencatatan otomatis yang dapat menyajikan sebuah laporan bagi penjual. Metode dan tahapan penelitian terdiri atas Pengumpulan data dan informasi, Perancangan sistem, dan selanjutnya dikembangkan dengan metode model Prototipe. Pembuatan E-Marketplace menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MYSQL sebagai basis pengolahan data. Diharapkan sistem ini dapat membantu meningkatkan penjualan dengan memberikan fitur yang lebih spesifik, memberikan keamanan dalam bertransaksi, dan memberikan laporan penjualan dalam periode tertentu kepada UMKM ikan cupang.
Full Text:
PDFReferences
Andi. 2011. Aplikasi Web Database dengan Dream Weaver dan PHP-MySQL, Mediacom. Yogyakarta. Cahyadi, Rendy, et al. "Pembuatan Website Online Marketplace Untuk PT. X." Jurnal Infra, vol. 3, no. 1, 2015. Cahya, A. D., Aqdella, F. A., Jannah, A. Z., & Setyawati, H. (2021). MEMANFAATKAN MARKETPLACE
SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DI TENGAH PANDEMI COVID-19. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 4(3), 503-510.
Chandramita, Citra 2021. “Metode Prototyping Dalam Pengembangan Sistem Informasi”. URL: https://www.academia.edu/10561240/Metode_Prototyping_Dalam_Pengembangan_Sistem_Informasi. Diakses pada tanggal 20 Juli 2021.
Destriana, Rachmat. "Analisis dan Perancangan E-bisnis dalam Budidaya dan Penjualan Ikan Cupang Menggunakan
Metodelogi Overview." Jurnal Informatika, vol. 3, no. 1, 2019, doi:10.31000/jika.v3i1.2045.
Dewaweb 2021. “Apa Itu Marketplace? Pengertian, Jenis, & Contohnya”. URL:
https://www.dewaweb.com/blog/apa-itu-marketplace/. Diakses pada tanggal 20 Juli 2021.
Digitaltutors 2016. “What is the difference between back end and front end”. URL: http://blog.digitaltutors.co m/whats-differencE-front-endback-end/. Diakses pada tanggal 09 Januari 2021.
Gloldbot, Micah. 2016. “Frontend Architecture for Design System”. California: O'Reilly Media.
Hari, Y., Hermawan, B., Widianto, Y., & Trisno, I. B. (2020). Assesment Online Learning System di Masa Pandemi
COVID-19 Menggunakan Metode Technology Acceptance Model. Jurnal Teknik, 18(2), 112-122.
Haryono, Oen D., et al. "Pembuatan Aplikasi Marketplace Untuk Mahasiswa Dan Alumni Universitas Kristen
Petra." Jurnal Infra, vol. 5, no. 1, 2017, pp. 67-72.
Heriyanto, Hermawan, et al. "Aplikasi Online Marketplace Pada PT.XYZ Di Surabaya." Jurnal Infra, vol. 4, no. 2,
, pp. 183-188.
Komarudin, M.K.M.Z. Pengujian Perangkat Lunak Metode Black Box Berbasis Equivalence Partitions Pada
Aplikasi Sistem Informasi Sekolah. Jurnal Mikrotik, 2016; 6, diakses tanggal 09 Januari 2021.
Kompas.com .2020. Banyak Diminati, Berikut Keistimewaan hingga Sejarah Ikan Cupang di Indonesia, diakses tanggal 20 Desember 2020.
Marco, Robert, and Puspa Ningrum, Bernadheta Tyas. "Analisis Sistem Informasi E-Marketplace pada Usaha Kecil
Menengah (UKM) Kerajinan Bambu Dusun Brajan." Data Manajemen dan Teknologi Informasi, vol. 18, no.
, 2017, pp. 48-53.
Maori, N. A., Budi, E. S., Siswanto, B., Sari, N. K., & Isnaini, N. L. (2021). Pendampingan Pengrajin Pot Antik Sido Mulyo dengan Marketplace dalam Meningkatkan Pemasaran pada Era Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Community Services, 3(1), 1-9.
Raharjo, Yohanes A. B., et al. "Rekayasa Kebutuhan Perangkat Lunak E-Marketplace Gerobak Kopi." Jurnal Sistem
Informasi dan Teknologi Informasi, vol. 6, no. 1, 2017, pp. 20-21.
Sari, Mayang, et al. “PENGENALAN IKAN CUPANG (BETTA FISH) MENGGUNAKAN AUGMENTED
REALITY” Jurnal Teknologi Informasi Universitas Lambung Mangkurat, vol. 3, no. 1, 20 Apr. 2018, doi:
20527/jtiulm.v3i1.25
Sunardi, N., Lesmana, R., Kartono, K., & Rudy, R. (2020). Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi Umkm Pasar Modern Intermoda Bsd City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(1).
Sidik, B. 2012. “Pemrograman Web dengan PHP. Bandung: Informatika Bandung”. Diakses tanggal 09 Januari
Purnomo, Dwi. "Model Prototyping pada Pengembangan Sistem Informasi." Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, vol. 2, no. 2, 23 Aug. 2017, doi:10.37438/jimp.v2i2.67.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Darmajaya is abstracting and indexing in the following databases:
PROSIDING SEMINAR NASIONAL DARMAJAYA
Diatur Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)
Diterbitkan Oleh: IIB Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id
E-mail: ProsidingSemnasDJ@darmajaya.ac.id