Penentuan Nominal dan Kelayakan Diskon Game dengan Kombinasi Metode SMARTER dan VIKOR sebagai Sistem Pendukung Keputusan

Muhammad Rizki Ulul Albab, Murein Miksa Mardhia

Abstract


Penerapan diskon menjadi salah satu usaha promosi perusahaan untuk meningkatkan minat beli calon pelanggan terhadap suatu produk melalui pengurangan harga pada suatu periode waktu penjualan. Proses pengambilan keputusan untuk memberikan diskon terhadap suatu produk memiliki banyak pertimbangan, salah satunya yaitu pemilihan produk yang layak menerima diskon. Ardic Store merupakan perusahaan yang bergerak di industri video game. Ardic Store pada waktu tertentu memberikan diskon terhadap beberapa varian video game yang dijual agar dapat bersaing di pasaran. Penelitian ini membangun sistem yang dapat menghasilkan dukungan keputusan secara aplikatif untuk pemberian diskon produk video game pada Ardic Store. Metode yang diterapkan dalam sistem yang dibangun yaitu metode SMARTER dan VIKOR.   Penelitian menggunakan 65 data video game yang tersedia pada Ardic Store serta 17 data video game yang telah dinilai oleh expert. Pada pengujian expert judgement dilakukan dengan dua metode perhitungan, yaitu MAE dan f-measure. Pada perhitungan MAE didapatkan nilai MAE 0.2 dan nilai f-measure 88%.


Full Text:

PDF

References


Budiaji, W. (2013) ‘Skala Pengukuran dan Jumlah Respon Skala Likert’, Jurnal Ilmu Pertanian dan Perikanan,

(2), pp. 127–133. doi: 10.31227/OSF.IO/K7BGY.

Damayanti, I., Kusuma, P. D. and M Rumani (2018) ‘Modul Pemberian Diskon Pada Sistem Ticketing Kereta Api

Berbasis Cloud | Damayanti | eProceedings of Engineering’, eProceedings of Engineering. Telkom University,

(3).

Gunawan, A. (2013) ‘Analisi Pengaruh Store Name, Brand Name, dan Price Discounts terhadap Purchase Intentions Konsumen Infinite Tunjungan Plaza’, Jurnal Strategi Pemasaran, 1(1). Available at: http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/view/209/153 (Accessed: 15 October

.

Haris, A. et al. (2017) ‘Penerapan Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Diskon Pada Reseller Dengan Metode Simple Multi-Attribute Rating Technique Exploiting Ranks (SMARTER) | ENERGY’, ENERGY, 7(2). Available at: https://ejournal.upm.ac.id/index.php/energy/article/view/423 (Accessed: 15 October 2020).

Haryanti, D., Nasution, H. and Sukamto, A. S. (2016) ‘Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Pengganti Beasiswa Penuh Bidikmisi Universitas Tanjungpura Dengan Menerapkan Metode SMARTER - PDF Free Download’, Jurnal Sistem dan Teknologi Inforsi (JUSTIN), 1(1). Available at: http://docplayer.info/53662366-Sistem-pendukung-keputusan-seleksi-penerimaan-mahasiswa-pengganti- beasiswa-penuh-bidikmisi-universitas-tanjungpura-dengan-menerapkan-metode-smarter.html (Accessed: 15

October 2020).

Muhammad Anang Ramadhan et al. (2018) ‘IMPLEMENTASI METODE SMARTER UNTUK REKOMENDASI PEMILIHAN LOKASI PEMBANGUNAN PERUMAHAN DI PEKANBARU | Ramadhan | Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi’, Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, 4(1). Available at: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/RMSI/article/view/4946 (Accessed: 15 October 2020).

Nurhalimah, S. et al. (2018) ‘Seminar Nasional Sains & Teknologi Informasi (SENSASI) Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa Pada AMIK STIEKOM Sumatera Utara Menggunakan Metode VIKOR’, in Seminar Nasional Sains dan Teknologi Informasi (SENSASI). Available at: http://prosiding.seminar- id.com/index.php/sensasi/article/view/110 (Accessed: 15 October 2020).

Prastiwi, E., Djumali, D. and Widayanti, R. (2019) ‘ANALISIS STANDAR MUTU, DISKON DAN LOKASI

TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KEMBALI BUKU PENDAMPING MAESTRO (Studi pada

Sekolah Dasar di Kabupaten Wonogiri)’, JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA. STIE AAS Surakarta, 3(01). doi:

29040/jie.v3i01.408.

Umam, K. et al. (2018) Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Produk Unggulan Daerah

Menggunakan Metode VIKOR, JURIKOM). doi: 10.30865/JURIKOM.V5I1.570.

Wibawa, A. P. et al. (2019) ‘VIKOR multi-criteria decision making with AHP reliable weighting for article acceptance recommendation’, International Journal of Advances in Intelligent Informatics. Universitas Ahmad Dahlan, 5(2), pp. 160–168. doi: 10.26555/ijain.v5i2.172.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Prosiding Seminar Nasional Darmajaya is abstracting and indexing in the following databases:


PROSIDING SEMINAR NASIONAL DARMAJAYA

Diatur Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Diterbitkan Oleh: IIB Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id

E-mail: ProsidingSemnasDJ@darmajaya.ac.id