Implementasi Quality Function Deployment (QFD) dalam Upaya Peningkatan Kualitas Produk Udang Beku (Studi Kasus PT. X)

Lidia Olga, Leny Rudihartati

Abstract


Masukan yang diperoleh dari konsumen dapat bersumber dari wawancara, kuisioner maupun pusat layanan pengaduan perusahaan. Setelah sejumlah masukan diperoleh dari konsumen maka pada tahapan selanjutnya perusahaan akan melakukan evaluasi terhadap produknya dengan melakukan sejumlah perbaikan guna menghasilkan produk yang optimal. Demikian juga dengan yang dilakukan oleh PT. X sebagai sebuah perusahaan yang menghasilkan produk ikan beku, udang beku dan kepiting beku (cold storage) tentunya menginginkan kualitas produk yang dihasilkannya dapat memuaskan keinginan konsumen sehingga diharapkan akan menghasilkan konsumen yang loyal terhadap produk kita. Kesimpulan dari laporan ini adalah titik kritis pengolahan udang ada pada kehandalan karyawan dalam memilih udang yang sesuai dengan standar yang ditetapkan. Kehandalan diperoleh melalui pelatihan. Kemudahan pelanggan dalam memesan produk karena memiliki persen bobot sebesar (16,36%). Meningkatkan kehandalan perusahaan dalam memberikan informasi terbaru mengenai promo karena memiliki persen bobot sebesar (15,84%).Meningkatkan Variasi layanan dalam pemesanan karena memiliki memiliki persen bobot ( 17,32 %).
 
Kata Kunci : cold storage, kehandalan, layanan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Prosiding Seminar Nasional Darmajaya is abstracting and indexing in the following databases:


PROSIDING SEMINAR NASIONAL DARMAJAYA

Diatur Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Diterbitkan Oleh: IIB Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id

E-mail: ProsidingSemnasDJ@darmajaya.ac.id