Analisis Metode Swot Untuk Meningkatkan Kepuasan Konsumen Untuk Memenangkan Persaingan (Studi Kasus Di PT. X)

Lidia Olga, Feti Arman

Abstract


PT. X merupakan sebuah perusahaan yang melayani transportasi penyeberangan. Perusahan harus menetapkan strategi untuk dapat memenangkan persaingan atau paling tidak untuk dapat bertahan dalam pasar. Pendekatan yang dapat digunakan adalah dengan analisis SWOT. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif eksploratif dengan pendekatan expose facto, karena bertujuan menggambarkan keadaan atas fenomena yang terjadi di lapangan. Berdasarkan jumlah konsumen yang jumlahnya lebih dari 100 orang maka sampel yang diambil berjumlah 100 orang konsumen.  Berdasarkan analisa dan pembahasan yang dilakukan maka kesimpulan penelitian ini  adalah kondisi Internal PT. X dapat dilihat pada tabel yang bernilai  3,042  dan kondisi eksternal bernilai  1,726. Posisi PT. X saat ini berada dalam posisi sel 7 yang menunjukkan pertumbuhan usaha. Pada sel 7 matrik internal-eksternal (IE) nilai internal lebih dari 3 disimpulkan bahwa PT. X berada dalam posisi yang cukup kuat dan eksternal PT. X memiliki nilai kurang dari 2 yang dapat menunjukkan bahwa ancaman dan peluang yang dihadapi tidak terlalu kuat.
 
Kata Kunci : transportasi,  matrik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Prosiding Seminar Nasional Darmajaya is abstracting and indexing in the following databases:


PROSIDING SEMINAR NASIONAL DARMAJAYA

Diatur Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Diterbitkan Oleh: IIB Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id

E-mail: ProsidingSemnasDJ@darmajaya.ac.id