Penggunaan Pendekatan Customer Relationship Management Di Kedai #Kulinongopi Bandar Lampung

Yan Aditiya Pratama, M Dwiyan Aditiya

Abstract


Penerapan Cutomer Relationsip Management (CRM) memberikan nilai tambah kepada pelanggan secara terusmenerus. Pendekatan ini digunakan untuk mengelola hubungan dengan pelanggan sehingga dapat memaksmumkan komunikasi dan pemasaran. CRM yang biasa digunakan oleh pelaku bisnis adalah menggunakan teknologi Informasi sehingga hubungan akan tercipta antara pebisnis dengan pelanggannya bahkan bisa lebih dekat lagi. #kulinongopi sebagai salah satu pelaku bisnis di bidang pemasar kopi adalah bisnis berkembang di dunia milenial dimana perdagangan dan teknologi saling berkombinasi. Tujuan daru Penelitian adalah untuk menganalisis penggunaan pendekatan customer relationship management di kedai #kulinongopi bandar lampung Dalam jurnal ini, metode yang digunakan adalah metode Penelitian diskriptif. Dari metode diskriptif ini, penelitian dilakukan dengan mengimplementasikan observasi, interview, dokumentasi, dan menilai. Hasil dari penelitian ini adalah jumlah pelanggan loyal di #kulinongopi ini semakin meningkat dengan selisih kenaikan tertinggi adalah 30 pelanggan dibulan Juni dan September dikarenakan pelayanan yang dilakukan oleh kedai #kulinongopi.
 
Kata Kunci: CRM, SDM, Pelanggan Loyal, #kulinongopi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Prosiding Seminar Nasional Darmajaya is abstracting and indexing in the following databases:


PROSIDING SEMINAR NASIONAL DARMAJAYA

Diatur Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Diterbitkan Oleh: IIB Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id

E-mail: ProsidingSemnasDJ@darmajaya.ac.id