Game Edukasi Bahasa Inggris untuk Siswa SD Kelas 3

Winarto -, Kevin Tanu Darma, Sri Lestari

Abstract


Perkembangan teknologi telah banyak dimanfaatkan diberbagai bidang, termasuk di sektor pendidikan. Proses pembejaran konvensional dengan tatap muka langsung antara guru dan siswa, serta menggunakan media buku. Proses pembelajaran ini tentunya masih memiliki keterbatasan diantaranya adanya tatap muka langsung sehingga tidak fleksibel waktu dan tempat, dan tidak bisa di ulang setiap saat. Sementara siswa membutuhkan proses pembelajaran yang menarik dan fleksibel tanpa terkendala ruang dan waktu sehingga siswa bisa belajar dengan antusias dan proses pembelajaran menjadi optimal. Atas dasar hal tersebut maka penelitian ini mengembangkan media ajar berupa game edukasi bahasa Inggris. Game edukasi ini sebagai salah satu media ajar yang bisa digunakan siswa kapanpun dan dimanapun dan dapat di ulang-ulang setiap saat, sehingga diharapkan tingkat pemahaman siswa bisa lebih baik dan proses pembelajaran lebih optimal. Hasil pengembangan game edukasi bahasa Inggris berupa pengenalan jenis-jenis profesi yang merupakan salah satu materi untuk siswa SD khususnya kelas 3, selein itu terdapat game mengurutkan huruf sehingga membentuk kata dan mendapatkan score sehingga siswa antisas dalam proses pembelajaran tersebut, yaitu belajar sembari bermain.

Kata kunci:game edukasi, bahasa inggris


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Prosiding Seminar Nasional Darmajaya is abstracting and indexing in the following databases:


PROSIDING SEMINAR NASIONAL DARMAJAYA

Diatur Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Diterbitkan Oleh: IIB Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id

E-mail: ProsidingSemnasDJ@darmajaya.ac.id