Model Sistem Informasi Manajemen Hubungan Pelanggan Dengan Kombinasi Pengelolaan Digital Asset Untuk Meningkatkan Jumlah Pelanggan

Muhtad Fadly, Agus Wantoro

Abstract


Persaingan dunia bisnis di era globalisasi semakin ketat. Perusahaan dituntut untuk lebih inovatif dan kreatif dalam mengelola perusahaannya. Berkurangnya loyalitas pelanggan disebabkan oleh beberapa factor : (1) banyaknya pilihan produk dan jasa (2) ketersediaan informasi (3) kebanyakan produk/jasa yang hampir sama dan (4) masalah keuangan konsumen. Tahun 2015 PT. Istana Lampung Raya yang merupakan perusahaan penjualan mobil Honda hanya mampu menjual kendaraan 980 unit. Angka ini tertinggal jauh dengan rivalnya Toyota yang mampu menjual 1300 unit. Untuk meningkatkan jumlah penjualan perlu dilakukan upaya peningkatan yang berimbas pada meningkatnya jumlah penjualan. Peningkatkan jumlah pelanggan dapat menerapkan strategi CRM dengan memanfaatkan teknologi dan media social menjadi alternatif yang dapat digunakan. Perkembangan media sosial mengalami peningkatan dalam jumlah pengguna. Rata-rata masyarakat Indonesia menggunakan media sosial dalam satu hari menghabiskan waktu selama 23 menit. Setiap harinya rata-rata ada 65 juta pengguna di Indonesia sebanyak 97% pengguna mengakses media sosial terbesar di dunia lewat smartphone. Banyaknya pengguna Media social menjadi peluang yang dapat dimanfaatkan dengan mengkombinasikan dengan CRM. Penerapan model CRM yang dikombinasi dengan pemanfaatan media sosial sebagai pengelola asset digital mampu meningkatkan jumlah pengikut di Instagram (IG) pada tahun 2018 sebesar 46.52% dan meningkatkan jumlah Surat Permintaan Kendaraan sebesar 27%.

Kata kunci : CRM, Medsos, Digital Aset, Pelanggan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.