Penerapan Algoritma Rekomendasi Pada Aplikasi Rumah Madu Untuk Perhitungan Akuntansi Sederhana Dan Marketing Digital

Imam Ahmad, Purwono Prasetyawan, Tri Darma Rosmala Sari

Abstract


Pemanfaatan teknologi saat ini menjadi sebuah kebutuhan, kita sangat merasakannya dalam melakukan aktifitas sehari-hari. Peningkatan pengguna internet di Indonesia terus meningkat 44,16% terutama penggunaan smartphone. E-commerce salah satu media untuk menjajakan produk dengan teknik digital, tercatat pertumbuhannya 78% pada tahun 2018. Pertumbuhan ini diiringi dengan pemanfaatan aplikasi-aplikasi yang berjalan dismartphone. Masyarakat mulai sadar akan pemanfaatan produk herbal untuk kesehatan dan stamina, mengingat herbal berbahan dasar alami serta minim efek samping. Data produk-produk herbal diambil dari sebuah toko herbal di Bandarlampung. Rekomendasi produk yang sesuai dengan produk lainnya sangat dibutuhkan. Perancangan aplikasi ini dengan berbagai fasilitas, seperti; collaborative filtaring (slope one), sistem reseller, dan laba-rugi sistem akuntansi sederhana. Aplikasi telah berhasil memberikan rekomendasi produk dengan algoritma slope one. Collaborative filtering merupakan sistem rekomendasi yang baik untuk penentuan rating sebuah produk yang didasari atas adanya kesamaan antar pemberi rating (user). Produk yang memiliki nilai nilai rating tertinggilah yang kemudian dijadikan rekomendasi. Tujuan penelitian ini adalah membantu rumah madu dalam memasarkan produk secara digital melalui media aplikasi android yang saat ini sudah tersedia di play store. Penelitian ini diharapkan dapat membantu dalam mencari dan memberikan informasi yang berkaitan dengan produk-produk herbal dan memberikan alternatif media pemasaran UMKM herbal dalam penjualan khususnya digital marketing.

Kata kunci: collaborative filtering, slope one, rekomendation, information retrieval


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.