Evaluasi User Interface Desain Menggunakan Metode Heuristics Pada Website Sistem Informasi Manajemen Seminar Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Darmajaya

Melda Agarina, Sutedi Sutedi, Arman Suryadi Karim

Abstract


Salah satu faktor utama dalam pembangunan sebuah website yaitu User Interface. Tanpa adanya analisis rancangan desain yang tepat tentunya pemanfaatan website tidak dapat optimal. Seringkali website yng di gunakan oleh user dirasa sangat rumit dan tidak userfriendly sehingga kadangkala mengakibatkan user berpindah ataupun enggang membuka website tersebut. Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk evaluasi desain user interface pada website seminar di IBI Darmajaya, mengingat Seminar merupakan agenda rutin Lembaga Pembelajaran Pengembangan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP4M) IBI Darmajaya. Kegiatan seminar sudah dilakukan oleh IBI Darmajaya mulai dari tahun 2012. Dalam penelitian ini memanfaatkan metode Heuristics Evaluation. Heuristic ialah metode evaluasi yang berguna dalam penentuan kesalahan pada desain antarmuka.  Metode heuristic digunakan karena dalam metode-metode ini memiliki indikator-indikator yang dapat mempermudahkan dalam proses analisis.

Hasilnya menunjukkan secara umum bahwa desain antarmuka, kemudahan penggunaan (usability) pada sistem informasi seminar  di IIB Darmajaya telah cukup baik berdasarkan evaluasi, tetapi ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan, serta didapatkan catatan-catatan penting demi perbaikan dan pengembangan kualitas website seminar tersebut.

Kata kunci: User Interface, Heuristics, Seminar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Prosiding Seminar Nasional Darmajaya is abstracting and indexing in the following databases:


PROSIDING SEMINAR NASIONAL DARMAJAYA

Diatur Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Diterbitkan Oleh: IIB Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id

E-mail: ProsidingSemnasDJ@darmajaya.ac.id