E_Customer Relationship Management (CRM) untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayanan Pariwisata Pahawang (Studi Kasus : Yura Trip)

Tria Setya Ningrum, Sri Karnila

Abstract


Lampung merupakan salah satu propinsi yang memiliki destinasi wisata laut seperti wisata ke Pahawang.Saat ini proses pemasaran wisata pahawangtelah menggunakan instagram dan facebook dengan mencantumkan kontak person. YuraTrip merupakan salah satu pelaku industri yang menjual jasa pelayana wisata,proses booking  menggunakan cara konvensional via telepon atau mengirim pesan, hal ini belum efektif dan efisien, timbal balik dari pelanggan terhadap pelayanan pihak YuraTrip berlum terkelola dengan baik, untuk itu penting dibuatkan sebuah interface sebagai media yang memberikan fasilitas layanan oftimal kepada pelanggan.E_CRM solusi yang dibangun pada Yura Trip difasilitasi sistem informasi boking wisata pahawang memberikan kemudahan proses boking wisata secara online dan hasil analisa tingkat kepuasan pelanggan menjadikan Yura Trip menjadi lebih baik memberikan layanan fasilitas kepada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode SDLC (System Development Life Cycle. Sehingga hasil yang diharapkan meningkatkan kualitas layanan yang diberikan kepada pelanggan dan memudahkan proses booking wisata Pulau Pahawang.

Kata kunci: E_Customer Relationship Management, Online, Kepuasan Pelanggan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Prosiding Seminar Nasional Darmajaya is abstracting and indexing in the following databases:


PROSIDING SEMINAR NASIONAL DARMAJAYA

Diatur Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Diterbitkan Oleh: IIB Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id

E-mail: ProsidingSemnasDJ@darmajaya.ac.id