Menuju Perguruan Tinggi Sehat

Anuar Sanusi

Abstract


Dinamika pendidikan tinggi dan era informasi membawa tantangan-tantangan kontemporer bagi perguruan tinggi. Perguruan tinggi sebagai center of excellence memiliki peran penting dan strategis untuk kemajuan suatu bangsa. Kualitas pendidikan tinggi bisa dicerminkan dalam kualitas
perguruan tinggi dan perguruan tinggi yang berkualitas adalah perguruan tinggi yang sehat. Kualitas pendidikan tinggi bisa dicerminkan dalam kualitas perguruan tinggi dan perguruan tinggi yang berkualitas adalah perguruan tinggi yang sehat. Jaminan kualitas adalah tuntutan masyarakat sebagai pelanggan, karena pelanggan adalah komponen utama yang harus diperhatikan. Sejalan dengan hal diatas, maka perguruan tinggi perlu melakukan perubahan dan pembenahan, baik dalam arah serta tujuan perguruan tinggi yang menyangkut kualitas dan kuantitas, sehingga perguruan tinggi mampu bersaing. Konsep model standar mutu perguruan tinggi, model pemberdayaan SDM dan perubahan manajemen perguruan tinggi berbasis mutu, faktor utama manajemen mutu serta indikator-indikator
kebijakan mutu. Pengembangan kualitas pendidikan tinggi membutuhkan penjaminan mutu pendidikan tinggi. Simpulan hasil penelitian berikut menjelaskan bahwa kualitas penyelenggaraan Tridharma perguruan tinggi harus menjadi basis dalam pengelolaan perguruan tinggi, Penyelenggaraan perguruan tinggi menjadi tanggungjawab semua pihak diperguruan tinggi, Yayasan, pimpinan PT, Dosen, mahasiswa, alumni pun pemerintan dan perguruan tinggi sehat adalah perguruan tinggi yang memiliki kemampuan untuk bisa memenangkan persaingan tidak hanya pada “hari” ini tetapi juga dimasa depan berbasis mutu, sehingga mampu mengatasi permasalahan yang muncul.


Kata kunci : Perguruan tinggi, Kualitas pendidikan, Mutu Pendidikan Tinggi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.