Evaluasi Media dan Bahan Belajar sibejo.com dan quipper school.com denganMenggunakan Pendekatan Technology AcceptanceModel (TAM) dan Theory of Planned Behavior (TPB)

Ponco Heru Sutanto

Abstract


Pengguna internet di Indonesia bertambah cukup signifikan setiap tahunnya. Pemanfaatan internet di SMA Negeri 2 Metro belum efektif karena belum memiliki e_learning mandiri, belum semua guru memanfaatkan website quipper school.com dan Sibejo.com. Tingkat penerimaan dan penggunaannya terhadap pemanfaatan website e_learning quipper school.com dan sibejo.com belum pernah dievaluasi. Jenis penelitian ini explanatory research menggunakan pendekatan gabungan Technology Acceptance Model dan Theory of Planned Behavior dan metode part analisys. Hasil penelitian disimpulkan (1). Konstruk Perceived Ease of Use (PEOU) berkontribusi positif dan signifikan terhadap perceived usefulness (PU), (2) Konstruk PU berkontribusi positif dan signifikan terhadap konstruk attitude towards using technology (ATU) (3). Konstruk PEOU tidak memiliki kontribusi yang signifikan terhadap konstruk ATU (4). Konstruk PU tidak memiliki kontribusi signifikan terhadap konstruk behavioral intention to use (BIUS), (5). Konstruk ATU berkontribusi positif dan signifikan terhadap konstruk teknologi BIUS (6). Konstruk subjective norm tidak memiliki kontribusi yang signifikan terhadap konstruk minat perilaku menggunakan teknologi BIUS dan (7). Konstruk perceived behavior control berkontribusi positif dan signifikan terhadap BIUS.


Kata kunci: e_learning, Konstruk, quipperschool.com, sibejo.com


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.