Model Pembelajaran E-Learning pada SMA Negeri SUMSEL Palembang Berbasis Schoology

Edi Supratman, Fitri Purwaningtias

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model yang tepat untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar. Dengan perkembangan IT maka didunia pendidikan pun dapat memanfaatkan IT sebagai media pembelajaran. Model pembelajaran E-learning merupakan pembelajaran berbasis elektronik dengan menggunakan media jaringan komputer. E-learning tidak berarti menggantikan model belajar konvensional di dalam kelas, tetapi memperkuat model belajar tersebut melalui pengayaan isi dan pengembangan teknologi pendidikan. Perubahan paradigma tercermin dalam perubahan pandangan dimana guru dan siswa memiliki peran penting dalam kegiatan pembelajaran.. SMAN SUMSEL (Sampoerna Academy) Palembang yang masih menggunakan metode pembelajaran yang konvensional melalui tatap muka di kelas. SMA N SumSel merupakan sekolah bertaraf internasional dan memiliki harapan untuk menjadi contoh bagi sekolah nasional lainnya dengan mengimplementasi standar internasional dan memiliki misi untuk menjadikan peserta didik berwawasan global. Guna menunjang pencapaian visi dan harapan dari SMA N SumSel diperlukan pengembangan metode pembelajaran berbasis IT dengan menggunakan E-learning berbasis Schoology sebagai tambahan materi di luar konsep pembelajaran konvensional. Elearning berbasis schoology karena fiturnya mirip dengan facebook dan schoology juga menggabungkan antara jejaring sosial dan LMS (Learning Management System). Sehingga dengan e-learning berbasis schoology bisa membuat model belajar dengan interaksi social menarik. Penelitian ini juga menggunakan metode pengembangan sistem Prototype.

Kata kunci: E-Learning, Schoology, Prototype


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.