Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Penerapan Teknologi Transportasi online pada Masyarakat Kota Palembang

Kurniati -, Tri Oktarina

Abstract


Bisnis jasa online saat ini semakin berkembang, seiring dengan perkembangan teknologi dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup masyarakat. Dalam penerapannya bisnis ini berusaha untuk menciptakan kepuasan terhadap konsumen. Salah satu bisnis jasa online yang sedang berkembang adalah bisnis transportasi online. Dimana dalam pemanfaatannya, pengguna harus meng-install aplikasi jasa transportasi online tersebut terlebih pada aplikasi play store menggunakan smart phone android. Khususnya pada kota Palembang, masyarakat banyak memanfaatkan aplikasi GO-JEK yang dikelola oleh PT.Gojek Indonesia dan aplikasi GRAB yang dikelola oleh PT. Grab Indonesia. Penelitian ini digunakan untuk mengukur seberapa besar pengaruh dari penerapan transportasi online terhadap kepuasan masyarakat kota Palembang yang dilihat dari sisi kualitas layanan dan harga yang ditawarkan. Sehingga, penulis dapat mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan terhadap kepuasan pelanggan jasa transportasi online pada konsumen aplikasi GO-JEK terhadap prosfek jasa transpoertasi online di kota Palembang pada tahun 2018. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik nonprobability sampling dengan menggunakan pendekatan accidental sampling dengan menggunakan metode survei melalui angket yang diisi oleh responden untuk melihat pengaruh parsial dan simultan pada dua variable terhadap keputusan penggunaan layanan.


Kata kunci: Transportasi online, GO-JEK , GRAB, Accidental Sampling


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.