Aplikasi PembelajaranBahasa Isyarat bagi Penyandang Disabilitas Tunarungu Berbasis Desktop

Nurul Huda, Nurul Adha Oktarini Saputri

Abstract


Sekolah Luar Biasa bagian B Yayasan Pendidikan Anak Cacat (SLB B YPAC) Palembang ini adalah salah satu sekolah untuk penyandang cacat disabilitas tunarungu. Didalam kegiatan belajar mengajar sehari-hari siswa masih sering mengalami kendala dalam mengingat materi yang diajarkan baik itu dalam pengenalan huruf dan juga pengenalan angka dan yang menjadi kendala siswa pembelajaran harus dilakukan berulang-ulang kali agar mereka dapat mengingatnya dan dapat benar- benar mengerti dengan apa yang diajarkan dan juga mereka kadang-kadang cepat jenuh dan malas dalam belajar. Dari permasalahan yang terjadi diatas maka timbul gagasan untuk membantu para penyandang disabilitas khususnya penyandang tunarungu untuk membuatkan suatu aplikasi mengenai pembelajaran pengenalan angka dan huruf agar para penyandang disabilitas tersebut dapat dengan mudah memahami dan mengerti mengenai huruf dan angka. Aplikasi yang nanti dibuat berbasis desktop agar mereka juga tidak jenuh, bosan dan malas dalam belajar. Dalam pembuatan aplikasi ini peneliti menggunakan metode waterfall dalam pengembangan sistemnya.

Kata kunci: Disabilitas, Tunarungu,Waterfall


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.