Reader Comments

Tumbuh Gigi Pada Bayi

"Tumbuh Gigi Pada Bayi" (2018-04-18)

 |  Post Reply

Apa itu Tumbuh Gigi Pada Bayi ?
Tumbuh gigi adalah ketika gigi pertama datang melalui gusi bayi. Ini bisa menjadi waktu yang membuat frustrasi bagi bayi dan orang tua mereka. Mengetahui apa yang diharapkan selama tumbuh gigi dan bagaimana membuatnya sedikit kurang menyakitkan dapat membantu.

Kapan Tumbuh Gigi Mulai?
Sementara gigi dapat mulai sedini 3 bulan, kemungkinan besar Anda akan melihat gigi pertama mulai mendorong garis gusi bayi Anda ketika si kecil Anda berusia antara 4 dan 7 bulan.

Gigi pertama yang muncul biasanya adalah dua gigi depan bawah, juga dikenal sebagai gigi seri pusat. Mereka biasanya diikuti 4 hingga 8 minggu kemudian oleh empat gigi depan atas (gigi seri sentral dan lateral). Sekitar sebulan kemudian, insisivus lateral bawah (kedua gigi yang mengapit gigi depan bawah) akan muncul.

Selanjutnya untuk menerobos adalah geraham pertama (gigi belakang yang digunakan untuk menggiling makanan), lalu akhirnya eyeteeth (gigi runcing di rahang atas). Sebagian besar anak-anak memiliki semua 20 gigi utama mereka pada ulang tahun ketiga mereka. (Jika gigi anak Anda jauh lebih lambat dari ini, bicarakan dengan dokter Anda.)

Dalam beberapa kasus langka, anak-anak dilahirkan dengan satu atau dua gigi atau memiliki gigi muncul dalam beberapa minggu pertama kehidupan. Kecuali gigi mengganggu pemberian makan atau cukup longgar untuk menimbulkan risiko tercekik, ini biasanya tidak perlu dikhawatirkan.

Apa Tanda-Tanda dari Tumbuh Gigi?
Ketika anak-anak mulai tumbuh gigi, mereka mungkin ngiler dan ingin mengunyah sesuatu. Untuk beberapa bayi, gigi tidak menimbulkan rasa sakit. Orang lain mungkin memiliki periode lekas marah yang singkat, sementara beberapa orang mungkin tampak rewel selama berminggu-minggu, dengan mantera-mantera yang menangis dan pola tidur dan makan yang terganggu. Tumbuh gigi bisa tidak nyaman, tetapi jika bayi Anda tampak sangat rewel, bicaralah dengan dokter Anda.

Meskipun gusi yang lunak dan bengkak dapat menyebabkan suhu bayi Anda menjadi sedikit lebih tinggi dari biasanya, tumbuh gigi biasanya tidak menyebabkan demam tinggi atau diare. Jika bayi Anda mengalami demam selama fase pertumbuhan gigi, sesuatu yang lain mungkin menyebabkan demam dan Anda harus menghubungi dokter.

Bagaimana Saya Bisa Membuat Tumbuh Gigi Lebih Mudah?
Berikut adalah beberapa tips yang perlu diingat ketika bayi Anda sedang tumbuh gigi:

  • Secara perlahan seka wajah bayi Anda dengan kain untuk menghilangkan air liur dan mencegah ruam berkembang.
  • Gosok gusi bayi Anda dengan jari yang bersih.
  • Berikan bayi Anda sesuatu untuk dikunyah. Pastikan itu cukup besar sehingga tidak bisa ditelan atau tersendat dan tidak bisa pecah menjadi potongan kecil. Kain lap basah yang ditempatkan dalam freezer selama 30 menit membuat bantuan gigi yang praktis. Pastikan untuk mengeluarkannya dari freezer sebelum menjadi batu keras - Anda tidak ingin memar gusi yang sudah bengkak - dan pastikan untuk mencucinya setelah setiap kali digunakan.

Cincin karet gigi juga bagus, tetapi hindari yang memiliki cairan di dalamnya karena bisa pecah atau bocor. Jika Anda menggunakan cincin gigit, dinginkan di kulkas, tetapi BUKAN freezer. Juga, jangan sampai mendidih - perubahan suhu yang ekstrim dapat menyebabkan plastik menjadi rusak dan bocor bahan kimia.
Biskuit gigi dan makanan beku atau dingin hanya baik untuk anak-anak yang sudah makan makanan padat. Jangan gunakan jika anak Anda belum mulai kenyang. Dan pastikan untuk mengawasi bayi Anda untuk memastikan bahwa tidak ada potongan yang pecah atau menimbulkan bahaya tersedak.
Jika bayi Anda tampak mudah tersinggung, tanyakan kepada dokter Anda apakah tidak apa-apa untuk memberikan dosis acetaminophen atau ibuprofen (untuk bayi yang lebih tua dari 6 bulan) untuk meredakan ketidaknyamanan.
Jangan menempatkan aspirin pada gigi, dan jangan menggosok alkohol pada gusi bayi Anda.
Jangan pernah mengikat cincin gigi di sekitar leher bayi atau bagian tubuh lainnya - itu bisa tertangkap pada sesuatu dan mencekik bayi.
Jangan gunakan kalung gigi yang terbuat dari amber. Ini dapat menyebabkan tercekik atau tersedak jika pecahan pecah.
Jangan menggunakan gel dan tablet gigi karena mereka mungkin tidak aman untuk bayi.

Bagaimana Saya Harus Merawat Gigi Bayi Saya?
Perawatan dan pembersihan gigi bayi Anda penting untuk kesehatan gigi jangka panjang. Meskipun gigi pertama akan rontok, kerusakan gigi membuat gigi rontok lebih cepat, meninggalkan celah di depan gigi permanen yang siap masuk. Gigi sulung yang tersisa kemudian dapat berkumpul untuk mencoba mengisi celah, yang mungkin menyebabkan gigi permanen menjadi bengkok dan tidak pada tempatnya.

Perawatan gigi harian harus dimulai bahkan sebelum gigi pertama bayi Anda masuk. Bersihkan gusi bayi Anda setiap hari dengan kain lap atau kain kasa yang bersih dan lembab, atau sikat dengan lembut menggunakan sikat gigi dan air yang lembut (tidak ada pasta gigi!).

Segera setelah gigi pertama muncul, sikat dengan air dan pasta gigi berfluoride, hanya menggunakan sedikit.

Tidak apa-apa untuk menggunakan pasta gigi yang lebih sedikit setelah seorang anak cukup dewasa untuk meludahkannya - biasanya sekitar usia 3. Pilih satu dengan fluoride dan gunakan hanya seukuran kacang polong atau kurang pada anak-anak yang lebih muda. Jangan biarkan anak Anda menelan pasta gigi atau memakannya dari tabung karena overdosis fluoride bisa berbahaya bagi anak-anak.

Kunjungi https://sehatkami.com/tumbuh-gigi-pada-bayi/



Add comment