Reader Comments

Gunung Untuk Didaki Wanita Pemula

"Gunung Untuk Didaki Wanita Pemula" (2019-09-01)

In response to Bunga Papan di Bandar Lampung
Post Reply

Sejak dulu mendaki gunung sudah menjadi tren terutama bagi para anak muda. Indahnya alam yang terlihat dari puncak gunung menjadi magnet bagi para pencintanya. Ditambah lagi semenjak film Gie dan 5 CM yang berlatarkan gunung rilis, semakin banyak orang yang terdorong untuk bisa mendaki puncaknya. Selain menjadi wisata alam bagi keluarga, gunung juga menjadi salah satu tempat untuk olahraga adrenalin. Selama ini pendakian lebih banyak dilakoni oleh pria. Memang ada juga wanita yang rajin mendaki, namun jumlahnya tidak sebanyak pria. Tidak jarang para wanita juga ingin ikut mendaki, sayangnya terhalang oleh rasa takut. Jika kamu wanita masih takut, namun tetap ingin mendaki, kamu bisa mencoba 4gunung ini terlebih dahulu.

1. Gunung Sibayak di Sumatera Utara
Gunung Sibayak di Kota Brastagi memiliki ketinggian 2.212 m dpl. Uniknya, gunung ini berbentuk seperti tapal kuda sehingga sering disebut Puncak Tapal Kuda. Selain memiliki panorama alam yang begitu eksotis seperti pemandian air panas, jalur pendakian Gunung Sibayak juga tidak begitu sulit, sehingga para pendaki pemula dan pendaki wanit dapat melaluinya. Untuk mencapai Gunung Sibayak, waktu yang dihabiskan tidak begitu lama yakni hanya sekitar 3-4 jam saja.

2. Gunung Papandayan di Jawa Barat
Siapa yang tidak kenal dengan Papandayan? Gunung ini merupakan salah satu yang eksotis di Indonesia. Keindahan Edelweiss dan hutan matinya ialah pesona Papandayan yang tak terlupakan. Selama mendaki, kamu juga akan ditemani oleh pesona indah empat kawah belerang. Gunung Papandayan sangat bersahabat bagi pemula dan wanita, bahkan tidak jarang sebuah keluarga mengikutsertakan anak kecil untuk mendaki. Sebelum tiba di puncak, kamu akan dibuat segar oleh pemandangan Edelweis di Tegal Alun. Dari Tegal Alun, kamu tidak butuh waktu lama lagi untuk mencapai Puncak Papandayang yang berada di ketinggian 2.665 m dpl.

3. Gunung Ungaran di Jawa Tengah
Dengan ketinggian 2.050 m dpl, Gunung Ungaran berada di urutan pertama untuk didaki wanita dan pemula. Setibanya di puncak, kamu bisa melihat 3 puncak yang berdiri sejajar yaitu Puncak Ungaran, Puncak Botak, dan Puncak Gendol. Meskipun dikatakan sejajar, nyatanya tinggi ketiganya tidaklah sama. Puncak Ungaran merupakan yang tertinggi, selanjutnya adalah Puncak Gendil dan Puncak Botak. Masih di puncak, kamu juga bisa menyaksikan pesona Laut Jawa, Gunung Merbabu, Merapi, Sindoro, Sumbing, dan Telomoyo. Setelah mendaki Gunung Ungaran, kamu bisa mengunjungi objek wisata di sekitar kaki gunung seperti Curug Lawe, Curug Semirang, dan Candi Gedongsongo.

4. Gunung Ijen di Jawa Timur
Gunung ini juga terkenal di kalangan pendaki. Berada di ketinggian 2.443 m dpl, Gunung Ijen sungguh mempesona. Untuk menikmati pesona matahari terbit, tidak jarang para pendaki rela mendaki sejak subuh. Satu yang paling terkenal dari Ijen adalah fenomena api birunya. Konon, hanya Islandia dan Ijen saja yang memiliki fenomena api biru di dunia. Tidak heranlah jika pendaki luar negeri juga datang ke Ijen. Jalur pendakian Ijen juga cukup mudah didaki wanita. Yang penting, harus lebih berhati-hati saat melalui jalan yang dipenuhi pasir.

5. Gunung Kelimutu di Nusa Tenggara 
Kelimutu tidak hanya sebatas Danau Tiga Warna saja, ada Gunung Kelimutu di sana. Dengan ketinggian 1.639 m dpl, Gunung Kelimutu ini sangat cocok untuk didaki wanita dan pemula. Dengan jalur wisata alam yang cukup landai dan panorama sekeliling yang begitu indah, pendakian pun akan terasa menyenangkan. Sebagai pelepas lelah, kamu cukup menyaksikan pesona Danau Tiga Warna.



Add comment