Reader Comments

Cara Mengatasi Gigi Berlubang

"Asmahan Athirah" (2018-11-06)

 |  Post Reply

Kerusakan gigi atau karies, adalah lubang-lubang kecil di permukaan keras gigi. Mereka disebabkan oleh bakteri pada permukaan gigi menciptakan asam dari gula. Penyebab paling umum adalah bakteri yang dikenal sebagai Streptococcus mutans.

Bakteri membentuk sebuah film lengket yang dikenal sebagai plak. Asam dalam plak menghapus mineral dari (demineralize) enamel pada gigi-lapisan gigi sebagian besar terdiri dari kalsium dan fosfat. Erosi ini menyebabkan lubang-lubang kecil di enamel. Setelah kerusakan asam menyebar ke lapisan dentin di bawah enamel, bentuk rongga.

1. bebas gula permen karet
Permen karet bebas gula setelah makanan telah ditunjukkan dalam uji klinis untuk membantu remineralize enamel. Permen karet mengandung xylitol telah diteliti secara ekstensif karena kemampuannya untuk merangsang aliran air liur, meningkatkan pH plak dan mengurangi S. mutans, tetapi studi jangka panjang diperlukan.

Bebas gula permen karet mengandung senyawa yang disebut kasein amorf phosphopeptide kalsium fosfat (CPP-ACP) telah terbukti mengurangi S. mutans bahkan lebih dari yang mengandung xylitol permen karet. Anda dapat menemukan jenis karet di toko-toko.

Selengkapnya Cara Mengatasi Gigi Berlubang

2. Vitamin D
Vitamin D sangat penting untuk membantu menyerap kalsium dan fosfat dari makanan yang Anda makan. Studi menunjukkan hubungan terbalik antara makan makanan tinggi dalam vitamin D dan kalsium, seperti yoghurt, dan rongga pada anak-anak. Anda bisa mendapatkan vitamin D dari produk susu, seperti susu dan yogurt. Anda juga bisa mendapatkan vitamin D dari matahari.

Lebih penelitian terbaru telah menantang bagaimana vitamin D dapat mempengaruhi kesehatan gigi.

3. sikat dengan pasta gigi fluoride
Fluorida memainkan peran penting dalam mencegah gigi berlubang dan remineralizing enamel. Penelitian yang ekstensif telah dilakukan untuk menunjukkan bahwa secara teratur menyikat gigi dengan pasta gigi fluoride mencegah gigi berlubang.

Kebanyakan penelitian telah dilakukan di anak-anak atau remaja, sehingga penelitian lebih lanjut diperlukan pada orang dewasa dan orang tua.

4. memotong makanan manis
Ini adalah obat rongga yang tak seorang pun suka mendengar — berhenti makan begitu banyak gula. Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan bahwa makan gula adalah faktor risiko terpenting gigi berlubang. Mereka merekomendasikan mengurangi asupan gula Anda kurang dari 10 persen dari asupan kalori total untuk hari.

Jika Anda akan makan gula, cobalah untuk tidak camilan manis makanan sepanjang hari. Setelah gula hilang, enamel Anda memiliki kesempatan untuk remineralize. Tapi jika Anda terus makan gula, gigi Anda tidak mendapatkan kesempatan untuk remineralize.

5. minyak menarik
Minyak menarik adalah praktek kuno yang melibatkan swishing di sekitar minyak, seperti wijen atau kelapa, di mulut Anda untuk 20 menit, kemudian meludahkannya. Klaim bahwa minyak menarik "menghilangkan racun" dari tubuh tidak didukung oleh bukti. Tetapi sebuah uji klinis yang kecil, triple-blind, plasebo-terkontrol menunjukkan bahwa minyak yang menarik dengan minyak wijen mengurangi plak, radang gusi, dan jumlah bakteri dalam mulut hanya sebagai efektif sebagai obat kumur chlorhexidine. Studi yang lebih besar diperlukan untuk mengkonfirmasi efek ini.

6. licorice akar
Ekstrak dari Cina licorice tanaman (Glycyrrhiza uralensis) dapat memerangi bakteri bertanggung jawab untuk kerusakan gigi, menurut studi setidaknya satu.

Satu peneliti telah mengambil ini ke tingkat berikutnya dan menciptakan licorice permen lolipop untuk membantu memerangi kerusakan gigi. Studi percontohan yang menggunakan licorice ekstrak dalam permen lolipop menunjukkan mereka efektif dalam secara signifikan mengurangi S. mutans di mulut dan mencegah gigi berlubang. Studi yang lebih besar dan lebih jangka panjang diperlukan.

Sumber Ariasehat



Add comment