Reader Comments

Cara Melatih Anak Berbicara

Anonymous User (2018-10-22)

Post Reply

Pada 18-bulan anak Anda check-up, atau bahkan sebelum, dokter anak Anda akan mulai bertanya apa kata-kata yang Anda balita mengatakan. Itu bisa membuat frustasi sebagai orangtua jika jawaban itu adalah, "tidak." Beberapa dokter akan merekomendasikan sebuah evaluasi pidato pada usia ini, atau menunggu sampai mereka dua dan mengevaluasi kembali. Banyak anak-anak sehat berakhir dengan penundaan pidato, dan itu dapat terjadi karena berbagai alasan. Dalam kebanyakan kasus, bayi yang terlambat pembicara berakhir berbicara baik dalam tahun-tahun mendatang. Jika bayi Anda tidak berbicara belum, namun, ada beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan di rumah untuk mendorong mereka.

Alasan umum untuk tertunda pidato di bayi
Penundaan pidato pada anak-anak dapat disebabkan oleh banyak kesehatan dan faktor lingkungan. Masalah pendengaran adalah faktor besar dalam pidato penundaan. Banyak orangtua tidak menyadari anak mereka memiliki jenis gangguan pendengaran sampai mereka tidak mulai berbicara pada waktu. Lain kali, masalah kesehatan seperti infeksi telinga yang berlebihan atau cairan penumpukan dapat menyebabkan gangguan pendengaran sementara dan menyebabkan sesuatu suara teredam. Ini adalah kasus dengan putri saya dengan penundaan pidato — setelah infeksi telinga 9 dalam 6 bulan, ia memiliki tabung ditempatkan di telinganya, yang telah membantu dengan pendengaran dan dia diperbolehkan untuk membuat kemajuan berbicara.

Dalam banyak kasus, anak cukup itu tidak tertarik atau tidak perlu bicara lagi. Jika mereka dapat berkomunikasi hanya dirancang untuk menggunakan tanda-tanda, menggelengkan kepala mereka, atau oleh menunjuk, mereka mungkin tidak membuat usaha ekstra dulu untuk berbicara. Hal ini juga tidak biasa bagi adik-adiknya untuk berbicara kemudian daripada saudara yang lebih tua mereka lakukan. Ketika anak-anak besar "menunggu" pada mereka dan memahami tanda-tanda mereka, mereka tinggal di zona kenyamanan mereka dan merasa tidak perlu untuk berbicara.

Dalam kasus lain, penundaan pidato dapat menjadi tanda cacat intelektual atau sosial-emosional. Inilah sebabnya mengapa penting untuk mendapatkan anak Anda diperiksa oleh dokter mereka untuk menentukan apakah ada setiap potongan teka-teki lain hilang.

Apapun alasannya, ada beberapa perubahan sederhana dan kegiatan yang dapat Anda lakukan di rumah yang dapat menguntungkan anak berbicara akhir. Menerapkan mereka satu pada satu waktu. Jika strategi bekerja, terus melakukan itu sambil perlahan-lahan menambahkan yang lain. Jika Anda telah mencoba salah satu selama beberapa minggu dan masih tidak melihat hasil apapun, bergerak dan coba lain. Pernah tekanan atau memarahi anak Anda dalam kasus mereka tidak menangkap untuk ini. Selalu menggunakan penguatan positif, dan menawarkan banyak pujian ketika mereka membuat upaya untuk berbicara.

Strategi untuk mengembangkan pidato di akhir-pembicara
Membaca buku bersama-sama

Membaca bersama-sama dengan anak-anak Anda baik bagi mereka tidak peduli usia berapa mereka, dan apakah atau tidak mereka menderita jenis kecacatan atau penundaan. Bayi dan balita mungkin tidak akan tetap pada satu halaman terlalu lama. Mereka mungkin bahkan bersikeras memegang bukunya terbalik! Pada titik ini, tujuan harus tidak menyelesaikan cerita atau membaca semua teks, tapi menarik minat mereka dan mendorong mereka untuk berkomunikasi tentang apa yang mereka alami. Ketika mereka menunjukkan hal yang berbeda pada halaman, tegas nama apa yang mereka Cari di. Mengatakan "Bola, Anda menemukan bola!" Atau "sapi, moooo." Jangan memaksa mereka untuk membaca jika mereka tidak ingin, tetapi cobalah untuk memiliki buku-buku yang tersedia untuk melihat di rumah Anda.

Baca juga Cara Melatih Anak Berbicara

Bernyanyi dan bertindak keluar lagu

Lagu ini memicu memori dan hubungan emosional. Apakah Anda pernah mendengar lagu dari masa kecil Anda dan langsung diingat waktu itu dalam hidup Anda? Menyanyikan lagu-lagu seperti "Kepala, bahu, lutut dan jari-jari kaki" sambil berdiri dan menunjuk ke setiap bagian tubuh dapat memperkuat memori mereka bagaimana membuat suara-suara. Banyak pembicara terlambat akan mengerti dengan sempurna ketika Anda mengatakan "titik ke hidung Anda" atau "Tunjukkan tangan Anda", tetapi membutuhkan beberapa tambahan dorongan untuk mengingat bagaimana membuat suara untuk mengatakan kata-kata.

Bermain CD musik atau video dengan lagu anak-anak besar, tetapi itu lebih baik jika Anda dapat benar-benar bernyanyi untuk anak Anda. Mereka tidak peduli jika Anda bukan seorang penyanyi kelas satu. Mereka akan menghargai satu pada satu waktu dan lebih mungkin untuk ingat lagu ketika mereka dinyanyikan untuk langsung.

Menceritakan apa yang Anda lakukan

Hal ini disebut sebagai "self-talk" atau "paralel bicara." Dalam present tense, berbicara dengan anak Anda tentang apa yang Anda lakukan. Mengatakan "Mommy memasak makan malam" atau "Mommy makan sebuah apel merah; It's so juicy dan lezat!" Paralel bicara adalah konsep yang sama, tetapi menceritakan apa yang anak Anda lakukan. Anda dapat mengatakan "Anda jatuh ke bawah, Aduh!" atau "Anda mengambil mandi, splish splash!"

Self-talk dan paralel bicara harus dilakukan secara alami — mereka tidak boleh dipaksa. Anda tidak perlu berbicara sepanjang hari tentang apa yang Anda lakukan, dan Anda tidak perlu membawa anak Anda dari sesuatu yang mereka sudah bermain sehingga mereka akan membayar perhatian kepada Anda. Strategi ini adalah hanya untuk memberi mereka lebih banyak pemaparan ke kata-kata dan label dari segala sesuatu benda dan kegiatan di sekitar mereka. Ketika dalam keraguan, mengikuti memimpin mereka. Jika mereka sudah berkonsentrasi pada mainan lain, biarkan mereka tetap bermain dengan itu dan hanya berbicara tentang hal itu bersama-sama.

Sumber Nurisehat



Add comment