Reader Comments

Konsultan HKI Merek

by Mr Gplx (2019-09-04)

 |  Post Reply

Badan hukum untuk pendaftaran merek dagang. Kuota sekitar 150 sertifikat gratis untuk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) telah ditetapkan, dan pemerintah akan menawarkan lebih banyak sertifikat untuk pengelolaan hak merek atau paten untuk mendukung UMKM lokal. Dengan program seperti itu, UMKM di Surabaya diharapkan mampu bersaing di era perdagangan bebas mendatang. Profesor Hukum Internasional di Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana mendesak pemerintah untuk berhati-hati dalam memperluas kesempatan kepada maskapai asing untuk beroperasi pada rute domestik.

"Jangan biarkan masalah tingginya harga pesawat meliberalisasi industri penerbangan nasional," kata Juwana dalam sebuah pernyataan di sini, Kamis. Presiden telah merencanakan untuk mengundang maskapai asing untuk melayani rute domestik Indonesia untuk mengurangi harga tiket pesawat yang tinggi. Juwana berpendapat bahwa meskipun wacana itu layak dipuji, karena tujuan utamanya adalah untuk mengurangi harga tiket penerbangan untuk rute domestik, beberapa aspek perlu dipertimbangkan, termasuk tiga berikut.

Dia menjelaskan bahwa pertama, di bawah undang-undang penerbangan, prinsip cabotage menetapkan bahwa hanya maskapai penerbangan domestik yang dapat beroperasi pada rute domestik. Bahkan, secara universal, maskapai asing dilarang melayani rute domestik suatu negara.

Ada pengecualian untuk kasus ini ketika tidak ada maskapai penerbangan lokal yang dapat melayani rute ini. Menyoroti aspek penting kedua, Juwana menegaskan bahwa mengizinkan maskapai penerbangan asing untuk melayani rute domestik untuk menurunkan harga tiket adalah strategi yang tidak tepat.

Dalam jangka panjang, maskapai asing yang beroperasi pada rute domestik dapat mengakibatkan operasi maskapai lokal pada akhirnya terhenti.

Ketiga, Juwana menunjukkan penyesalan yang mungkin timbul di masa depan jika maskapai asing mulai terbang dengan rute domestik dan kemudian dilarang. Pemerintah kemudian akan menghadapi kesulitan dalam membendung peran maskapai penerbangan asing dengan undang-undang begitu pasar telah dibuka.

Juwana menyarankan agar semua dapat mengambil isyarat dari industri perbankan, yang pada awalnya, adalah kepemilikan asing mayoritas bank nasional, karena pemerintah tidak ingin selalu menjamin bank nasional jika terjadi masalah.



Add comment