Reader Comments

Tips Traveling Ke Luar Negeri Untuk Pemula

by Ringgo Wijaya (2018-12-02)

 |  Post Reply

Meski alam Indonesia itu aduhai cantiknya, namun dalam diri Anda tentunya tetap menginginkan untuk mencoba pergi melihat dunia luar. Pastinya akan ada banyak hal baru yang dapat Anda pelajari di luar Indonesia. Selain itu, Anda akan di perkuat dengan alasan khusus yang akhirnya pasti akan membuat Anda harus mencoba traveling ke luar negeri. Paling tidak Anda harus berani mencobanya meski cuma sekali. Sebab tentunya Anda tidak ingin menjadi seperti seekor katak dalam tempurung, bukan? Namun, memutuskan untuk pergi ke luar negeri pertama kali pasti akan terasa sangat campur aduk! Tentunya Anda akan di kelilingi dengan rasa takut, bersemangat, bingung, dan juga perasaan senang karena akhirnya bisa melihat dunia luar selain Indonesia. Namanya juga pertama kali, pasti akan terdapat yang namanya grogi sebab ada banyak hal baru dan tantangan!

Biasanya, tantangan pertama yang akan Anda temui adalah informasi yang akurat dan bisa diandalkan berdasarkan pengalaman pribadi. Sekedar informasi, ketika Anda memutuskan untuk pergi ke negara terdekat seperti Singapura sebagai contoh tujuan luar negeri pertama dengan kondisi belum ada banyak travel blog mendetail dan akurat yang bertebaran seperti sekarang ini.

Jika sudah begini, maka Anda memang tidak akan mendapatkan banyak informasi. Namun Anda tetapdapat mengandalkan brosur begitu tiba di Bandara Internasional Changi. Itupun juga sebenarnya tidak akan banyak membantu, layaknya brosur-brosur di bandara negara terkaya di dunia seperti Qatar yang begitu lengkap dan memiliki banyak konten serta informasi negaranya untuk para turis. Karena kurang informasi, akhirnya akanada banyak tempat dan spot bagus yang terlewatkan. Hingga akhirnya Anda memutuskan untuk kembali berkunjung ke Singapura nanti di lain kesempatan.

Untuk menghindari hal tersebut, berikut ini terdapat beberapa tips bagaimana caranya menghadapi perjalanan ke luar negeri bagi yang baru saja merasakan pergi ke luar negeri pertama kali.

Berikut Tips Traveling Ke Luar Negeri

 

1. Buat Passport Terlebih Dahulu

Passport ialah sebuah dokumen perjalanan yang harus dimiliki untuk seseorang yang ingin pergi ke luar negeri. Akan jauh lebih baik jika Andamembuat passport sendiri dibandingkan menggunakan bantuan calo. Sebab, seorang calo passport akan mematokkan harga pembuatannya menjadi sangat maha dan bahkan hampir 3 kali lipat dari biaya resmi pembuatan passport. Maka dari itu, lebih baik membuat passport pertama kali sendiri.

2. Cari Tahu Apakah Negara Yang Dituju Memerlukan Visa

Visa adalah dokumen perjalanan selain passport yang kadang diperlukan untuk masuk ke suatu negara. Namun, tidak semua negara memerlukan visa lho ya.Misalnya jika Anda memutuskan untuk pergi ke Singapura, maka yang perlu di buat hanyalah sebuah passport saja. Akan tetapi, setiap negara memang memiliki peraturan yang berbeda-beda terkait kebijakan visa. Jika ingin traveling ke luar negeri tanpa memikirkan visa, lebih baik mulai melihat dan megakses 56 negara yang bisa dikunjungi orang Indonesia tanpa apply visa di internet. Sebab, hal tersebut sangat penting sekali untuk di cari informasnya demi menghindari kejadian dan hal-hal yang tidak diinginkan seperti masalah terkena deportasi karena tidak mengetahui mengenai kebijakan visa di suatu negara tersebut. Lalu hal penting lainnya adalah jangan pernah apply visa dalam waktu yang terlalu dekat dengan hari keberangkatan. Karena bisa saja visa disetujui setelah hari keberangkatan. Nah kalau sudah begini jadi merepotkan diri sendiri bukan?

 



Add comment