PERAN PERSEPSI KEGUNAAN DAN KEPERCAYAAN DALAM ADOPSI CHATGPT OLEH SISWA: PENDEKATAN BERBASIS LITERATUR

Novita Mariana, Arief Jananto, Saefurrohman Saefurrohman, Agus Prasetyo Utomo

Abstract


Penelitian ini mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi ChatGPT oleh siswa di lingkungan pendidikan. Dengan menggunakan metode review literatur, penelitian ini mengidentifikasi pola, celah pengetahuan, dan arah untuk penelitian masa depan dalam konteks adopsi AI oleh siswa. Analisis tematik dari artikel-artikel terpilih mengungkapkan faktor-faktor utama seperti persepsi kegunaan, kemudahan penggunaan, kepercayaan, dukungan institusional, dan literasi teknologi sebagai determinan penting dalam penerimaan ChatGPT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan ChatGPT di kalangan siswa dipengaruhi oleh kombinasi faktor ini, yang berkontribusi pada keputusan mereka untuk mengadopsi teknologi ini. Penelitian ini memberikan wawasan baru tentang bagaimana faktor-faktor individu dan institusional mempengaruhi penerimaan teknologi AI di lingkungan pendidikan, menawarkan panduan berharga bagi pengembangan strategi integrasi teknologi AI yang efektif dalam pendidikan.

 


Keywords


Adopsi ChatGPT, Kecerdasan Buatan dalam Pendidikan, Persepsi Kegunaan, Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan terhadap Teknologi

Full Text:

PDF

References


P. P. Ray, “ChatGPT: A comprehensive review on background, applications, key challenges, bias, ethics, limitations and future scope,” Internet Things Cyber-Physical Syst., vol. 3, no. April, pp. 121–154, 2023, doi: 10.1016/j.iotcps.2023.04.003.

E. Kasneci et al., “ChatGPT for good? On opportunities and challenges of large language models for education,” Learn. Individ. Differ., vol. 103, pp. 1–13, 2023, doi: 10.1016/j.lindif.2023.102274.

A. Przegalinska, L. Ciechanowski, A. Stroz, P. Gloor, and G. Mazurek, “In bot we trust: A new methodology of chatbot performance measures,” Bus. Horiz., vol. 62, no. 6, pp. 785–797, 2019, doi: 10.1016/j.bushor.2019.08.005.

M. Ashfaq, J. Yun, S. Yu, S. Maria, and C. Loureiro, “Telematics and Informatics I , Chatbot : Modeling the determinants of users ’ satisfaction and continuance intention of AI-powered service agents,” Telemat. Informatics, vol. 54, no. April, p. 101473, 2020, doi: 10.1016/j.tele.2020.101473.

M. N. Fauzy and K. Kusrini, “Chatbot Menggunakan Metode Fuzzy String Matching Sebagai Virtual Assistant Pada Pusat Layanan Informasi Akademik,” J. Inf., vol. 5, no. 1, pp. 61–67, 2019, [Online]. Available: https://informa.poltekindonusa.ac.id/index.php/informa/article/view/70.

W. Hidayanti and R. Azmiyanti, “Dampak Penggunaan Chat GPT pada Kompetensi Mahasiswa Akuntansi : Literature Review,” vol. 3, no. 1, pp. 83–91, 2023.

F. Amato, S. Marrone, V. Moscato, G. Piantadosi, A. Picariello, and C. Sansone, “Chatbots meet ehealth: Automatizing healthcare,” CEUR Workshop Proc., vol. 1982, pp. 40–49, 2017.

P. Gatzioufa and V. Saprikis, “A literature review on users’ behavioral intention toward chatbots’ adoption,” Appl. Comput. Informatics, 2022, doi: 10.1108/ACI-01-2022-0021.

A. Tamimi, “CHATTING WITH CONFIDENCE: A REVIEW ON THE IMPACT OF USER INTERFACE, TRUST, AND USER EXPERIENCE IN CHATBOTS, AND A PROPOSAL OF A REDESIGNED PROTOTYPE,” 2023. doi: 10.4324/9781315721606-101.

N. Kononov, M. Ehrenhard, F. Koefer, and T. Hormann, “ChatGPT as a digital assistant for startup entrepreneurs: Challenges, Opportunities and Perception. CC-BY-NC,” 2023.

L. K. Fryer, K. Nakao, and A. Thompson, “Chatbot learning partners: Connecting learning experiences, interest and competence,” Comput. Human Behav., vol. 93, pp. 279–289, 2019, doi: 10.1016/j.chb.2018.12.023.

F. A. J. Almahri, D. Bell, and M. Merhi, “Understanding Student Acceptance and Use of Chatbots in the United Kingdom Universities: A Structural Equation Modelling Approach,” 2020 6th IEEE Int. Conf. Inf. Manag. ICIM 2020, no. March, pp. 284–288, 2020, doi: 10.1109/ICIM49319.2020.244712.

T. Trust, J. Whalen, and C. Mouza, “Editorial: ChatGPT: Challenges, Opportunities, and Implications for Teacher Education,” Contemp. Issues Technol. Teach. Educ., vol. 23, no. 1, pp. 1–23, 2023.

S. Grassini, “Shaping the Future of Education: Exploring the Potential and Consequences of AI and ChatGPT in Educational Settings,” Educ. Sci., vol. 13, no. 7, p. 692, 2023, doi: 10.3390/educsci13070692.




DOI: https://doi.org/10.30873/ji.v24i1.3943


 Jurnal Informatika is abstracting and indexing in the following databases:

 

 

 


JURNAL INFORMATIKA

 

Dikelola Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Diterbitkan Oleh: Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id

Email: lp4mjurin@gmail.com


View Jurnal Informatika StatCounter

Creative Commons License

Jurnal Informatika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.