OPTIMALISASI PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI LABORATORIUM TERINTEGERASI SISTEM AKADEMIK MENGGUNAKAN METODE SCRUMB

Fauzan Prasetyo Eka Putra, Muhammad Umar Mansyur, Khana Zulfana Imam, Sukron Katsir

Abstract


Sistem Informasi Laboratorium adalah sebuah sistem yang berhubungan dengan manajemen data laboratorium, seperti data tagihan mahasiswa dan jadwal praktikum. Untuk memastikan bahwa sistem berjalan dengan baik, fitur-fitur yang disediakan harus mampu memenuhi kebutuhan pengguna. Namun, sistem informasi laboratorium di lingkungan Universitas Madura saat ini hanya terbatas pada prodi informatika dan belum terintegrasi dengan sistem informasi akademik. Hal ini dianggap kurang efektif dan tidak fleksibel dalam mengikuti perkembangan laboratorium di Universitas Madura. Karena itu, diperlukan pembangunan ulang sistem laboratorium yang mampu mengolah data dari beberapa prodi. Universitas Madura telah memiliki sistem akademik yang dilengkapi dengan RESTful API. Oleh karena itu, mengintegrasikan sistem informasi laboratorium dengan sistem akademik menggunakan RESTful API adalah pilihan yang tepat. Pendekatan ini memungkinkan pemrosesan data mahasiswa dan mata kuliah praktikum secara real-time dan otomatis mengikuti perubahan data dari sistem akademik. Mengingat jumlah data mahasiswa dan mata kuliah yang sangat besar untuk setiap prodi, metode ini akan mempermudah pengelolaan data. Agar pengembangan sistem informasi laboratorium baru dapat dilakukan dengan efisien, digunakan kerangka kerja Agile Scrum. Agile Scrum dipilih karena merupakan kerangka kerja yang fleksibel dan mampu saling berkolaborasi dalam tahap pengembangan sistem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem informasi laboratorium komputer dapat diselesaikan dalam 3 sprint dalam waktu 32 hari.


Keywords


agile scrum; restful api; sistem informasi; realtime

Full Text:

PDF

References


N. Haidar Hari et al., “Desain dan Perancangan Smart Campus berbasis ZigBee Wireless Sensor Network,” Jurnal Inovasi Teknik dan Edukasi Teknologi, vol. 1, no. 11, pp. 842–850, 2021, doi: 10.17977/um068v1i112021p842-850.

N. Hikmah, A. Suradika, R. Andi, and A. Gunadi, “Metode Agile untuk Meningkatkan Kreativitas Guru Melalui Berbagi Pengetahuan (Knowlege Sharing),” 2021.

F. Prasetyo, M. Nazir, Y. Zain, and E. Putra, “OPTIMASI PENILAIAN PADA E-LEARNING UNIVERSITAS MADURA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SCAFFOLDING,” 2020.

R. Fabriza Lesmana, J. Alfa Razaq, J. Tri Lomba Juang No, K. Semarang Selatan, K. Semarang, and J. Tengah, “Sistem Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dengan Integerasi Data Akademik Menggunakan Rest Api,” Jurnal Manajemen Informatika & Sistem Informasi (MISI), vol. 6, no. 1, 2023, doi: 10.36595/misi.v5i2.

F.- Sonata, “Pemanfaatan UML (Unified Modeling Language) Dalam Perancangan Sistem Informasi E-Commerce Jenis Customer-To-Customer,” Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika, vol. 8, no. 1, p. 22, Jun. 2019, doi: 10.31504/komunika.v8i1.1832.

F. Rahutomo, M. Eko Sulistyo, B. Harjito, and J. Tetuko Sri Sumantyo, “Pendekatan Agile Scrum pada Pengembangan Aplikasi Analitik Akademik dan Kemahasiswaan,” vol. 7, no. 2, pp. 345–358, 2022.

G. D. Mulyadi, “Perancangan Sistem Informasi Manajemen PT. XYZ Sepatu Pernikahan Online Menggunakan Scrum,” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 6, no. 2, pp. 8941–8948, 2022.

A. Musthofa Firdaus and D. Agung Prabowo, “Aplikasi Pencari Tempat Magang Berbasis Android Menggunakan Metode Agile Scrum,” 2022.

P. Agriza, N. Azizah, M. Asfi, and I. Syafrinal, “Implementasi Model Scrum Pada Sistem Informasi Pembelajaran Diluar Kampus Untuk Skema Wirausaha Kampus Merdeka,” 2021.

J. Teknika and M. Agarina, “Implementasi Scrum Agile Development Pada Sistem Informasi E-Mentor Di Kemahasiswaan IIB Darmajaya,” Jurnal Teknika, vol. x, No.x, pp. 1–5, 2021.

T. B. Kurniawan and Syarifuddin, “Perancangan Sistem Aplikasi Pemesanan Makanan dan Minuman pada Cafetaria No Caffe di Tanjung Balai Karimun Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP dan MySQL,” Jurnal TIKAR, vol. 1, no. 2, pp. 192–206, 2020.

I. Kurniawan and R. R. Sani, “Pemodelan SCRUM dalam Pengembangan Sistem Informasi Kesehatan pada Klinik Ar-Rokhim Sragen Kabupaten Sragen SCRUM Model on Development of Health Information System at Ar-Rokhim Clinic in Sragen Regency,” Journal of Information System, vol. 4, no. 1, pp. 76–86, 2019.

K. L. Liana, R. I. Rokhmawati, and A. Hendra Brata, “Perancangan User Experience menggunakan Perspective-Based Inspection pada Pengembangan SCRUM Situs Web PT.Nodeflux Indonesia,” 2019. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

K. Schwaber and J. Sutherland, “The Scrum Guide The Definitive Guide to Scrum: The Rules of the Game,” 2020.

N. Rafianto, Dimas, and Saifulloh, “Penerapan Metode Scrum pada Pembuatan User Experience Landing Page Sistem Informasi Lentera,” Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi, vol. 3, no. 2, pp. 1–14, 2021.




DOI: https://doi.org/10.30873/ji.v23i2.3749


 Jurnal Informatika is abstracting and indexing in the following databases:

 


JURNAL INFORMATIKA

 

Dikelola Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Diterbitkan Oleh: Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id

Email: lp4mjurin@gmail.com


View Jurnal Informatika StatCounter

Creative Commons License

Jurnal Informatika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.