IMPLEMENTASI FRAMEWORK FLASK PADA MODUL BETA-APP PADA APLIKASI SISTEM INFORMASI HELPDESK (SIH) STUDI KASUS PT XYZ

Jonathan Gea

Abstract



PT XYZ merupakan sebuah jaringan ritel besar di Indonesia yang sering menerima laporan kendala yang disebabkan oleh aplikasi yang digunakan di perusahaan. Oleh karena itu, dibangunlah modul beta-app untuk meningkatkan komunikasi dan koordinasi dengan pelapor atau toko terkait versi aplikasi yang digunakan saat terjadi kendala. Tujuan penelitian ini adalah untuk memastikan bahwa kendala terkait aplikasi dapat ditangani dengan lebih efektif dan efisien serta modul beta-app juga dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk mendapatkan feedback terkait aplikasi yang baru dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode waterfall dalam proses pengembangan perangkat lunak dan hasilnya adalah sebuah aplikasi yang berguna bagi PT XYZ untuk memudahkan komunikasi dan koordinasi dengan pelapor atau toko. Aplikasi ini memiliki fitur untuk membuat beta-app, menambahkan dan menghapus aplikasi di beta-a­pp, serta memilih cabang dan toko di mana aplikasi yang terdaftar di beta-app yang akan diterapkan. Arsitektur aplikasi yang digunakan dalam penelitian ini meliputi database PostgreSQL, Back-end dengan Framework Flask dari bahasa pemrograman Python, front-end dengan HTML, CSS, JavaScript, dan Bootstrap. Seluruh fungsi dalam sistem ini telah diuji dengan Black box testing dan terbukti sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini dapat membantu PT XYZ untuk meningkatkan kualitas layanan dan mempercepat proses penyelesaian kendala terkait aplikasi.


Keywords


Implementasi Flask, Pembangunan Website, Sistem Informasi

Full Text:

PDF

References


W. Likhar and H. Purwanto, “ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI TICKETING HELPDESK ONLINE BERBASIS WEB: STUDI KASUS PT XYZ.” [Online]. Available: http://www.help-desk-world.com/help-

Kidi, “TEKNOLOGI DAN AKTIVITAS DALAM KEHIDUPAN MANUSIA (sebuah tinjauan),” Nusa Tenggara Barat, 2018. Accessed: Nov. 01, 2022. [Online]. Available: https://bpsdmd.ntbprov.go.id/wp-content/uploads/2018/05/Teknologi-dan-aktivitas-dalam-kehidupan-manusia.pdf

“PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk. dan entitas anaknya and its subsidiaries.” [Online]. Available: www.alfamart.co.id

E. M. Sipayung and E. Aditya, “Perancangan Sistem Informasi Helpdesk Menggunakan Framework ITIL V3,” 2017.

D. Ghimire, “Comparative study on Python web frameworks: Flask and Django,” Metropolia University of Applied Sciences, Vantaa, 2020. Accessed: Nov. 21, 2022. [Online]. Available: https://www.theseus.fi/bitstream/handle/10024/339796/Ghimire_Devndra.pdf?sequence=2&isAllowed=y

Rahadian Irsyad, “Penggunaan Flask untuk Pemula”, Accessed: Nov. 04, 2022. [Online]. Available: https://doi.org/10.31219/osf.io/t7u5r

Candra Wijayanto and Yeremia Alfa Susetyo, “Implementasi Flask Framework Pada Pembangunan Aplikasi Sistem Informasi Helpdesk (SIH),” JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), vol. 07, no. 03, pp. 858–868, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jipi/article/view/3161/1328

G. F. Novindri, P. Ocsa, and N. Saian, “IMPLEMENTASI FLASK PADA SISTEM PENENTUAN MINIMAL ORDER UNTUK TIAP ITEM BARANG DI DISTRIBUTION CENTER PADA PT XYZ BERBASIS WEBSITE,” 2022.

E. Haezer, Y. Kristianto, and N. Setiyawati, “PEMBANGUNAN APLIKASI VIRTUAL INVENTORY SYSTEM (VIS) BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FLASK FRAMEWORK (STUDI KASUS: PT XYZ),” 2021.

M. Muslih et all, “Implementasi Metode Waterfall Dalam Pembangunan Sistem Informasi Klinik Tiara Bunda Berbasis Web Service,” Jurnal Rekayasa Teknologi Nusa Putra, vol. 5, no. 2, pp. 20–25, 2019.

H. S. Tampake, “Penggunaan AJAX pada Pengembangan Aplikasi Web,” Jurnal Teknologi Informasi-Aiti, vol. 4, no. 1, pp. 1–100, 2007.

“Hypertext Transfer Protocol (HTTP/1.1): Semantics and Content,” RFC 7231, 2014. https://www.rfc-editor.org/rfc/rfc7231#section-3.1.1.1 (accessed Apr. 01, 2023).

Jakob Nielsen, “Confirmation Dialogs Can Prevent User Errors — If Not Overused,” Nielsen Norman Group, Feb. 18, 2018. https://www.nngroup.com/articles/confirmation-dialog/#:~:text=Let’s%20go%20back%20to%20basics,click%20Yes%20without%20thinking%20further. (accessed Mar. 31, 2023).

Glenford J. Myers, Corey Sandler, and Tom Badgett, 114-the-art-of-software-testing-3-edition. 2011.

T. Snadhika Jaya, P. Studi Manajemen Informatika, J. Ekonomi dan Bisnis, and P. Negeri Lampung JlnSoekarno, “Pengujian Aplikasi dengan Metode Blackbox Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus: Kantor Digital Politeknik Negeri Lampung),” Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT (JPIT), vol. 03, no. 02, 2018.




DOI: https://doi.org/10.30873/ji.v23i2.3673


 Jurnal Informatika is abstracting and indexing in the following databases:

 


JURNAL INFORMATIKA

 

Dikelola Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Diterbitkan Oleh: Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id

Email: lp4mjurin@gmail.com


View Jurnal Informatika StatCounter

Creative Commons License

Jurnal Informatika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.