APLIKASI ALAT PRAGA PRAKTIKUM IPA TENTANG METAMOFOSIS KUPU-KUPU BERBASIS AUGMENTED REALITY

andi chairul rochman, Hindarto Hindarto, Sumarno Sumarno

Abstract


Banyak sekolah dasar (SD) yang masih menggunakan teknik visual (gambar) untuk mengajarkan IPA, terutama pada pembelajaran tranformasi kupu-kupu yang membuat pelajaran IPA kurang menarik bagi anak-anak. anak-anak melihat mata pelajaran ini kurang menarik dan terkesan monoton. menanggapi permasalahan tersebut, peneliti akan mencoba mengajukan aplikasi alat praga praktikum Augmented Reality yang dapat membantu proses belajar mengajar serta mengajak siswa lebih mengenal metamorfosis kupu-kupu secara lebih nyata.. Penelitian ini menggunakan metodologi MDLC, Vuforia Engine dan Unity 3D digunakan dalam pembuatan aplikasi. Proyek ini bertujuan untuk memperkenalkan siswa sekolah dasar pada metamorfosis kupu-kupu menggunakan media pembelajaran alternatif yang disebut Augmented Reality.


Keywords


Augmented Reality, Metamorfosis, aplikasi

Full Text:

PDF

References


F. Ningsih, L. Rusdiana, and Rudini, “Analisis Dan Desain Aplikasi Pembelajaran Metamorfosis Kupu-Kupu Berbasis Augmented Reality,” SINTECH (Science Inf. Technol. J., vol. 2, no. 2, pp. 118–123, 2019, doi: 10.31598/sintechjournal.v2i2.390.

P. G. Rahayu, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP LINGKUNGAN SEKITAR SISWA KELAS IV SDN PETOK MOJO IMPROVING POP-UP TEACHING MEDIA OF METAMORPHOSIS OF BUTTERFLY ON CYCLE-LIFE OF ANIMAL MATERIAL IN THE ENVIRONMENT AROUND FOURTH GRADE STUDENTS OF Oleh :,” vol. 01, no. 03, pp. 1–7, 2017.

D. K. Lado and M. Rosanensi, “Media Pembelajaran Pengenalan Metamorfosis Sempurna Dan Tidak Sempurna Menggunakan Augmented Reality,” J. SASAK Desain Vis. dan Komun., vol. 2, no. 1, pp. 1–10, 2020, doi: 10.30812/sasak.v2i1.752.

F. G. Becker et al., “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title,” Syria Stud., vol. 7, no. 1, pp. 37–72, 2015, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/269107473_What_is_governance/link/548173090cf22525dcb61443/download%0Ahttp://www.econ.upf.edu/~reynal/Civil wars_12December2010.pdf%0Ahttps://think-asia.org/handle/11540/8282%0Ahttps://www.jstor.org/stable/41857625

S. Nofiadi, T. Listyorini, and A. Susanto, “AnimasiMetamorfosis Kupu-Kupu,” J. Simetris, vol. 8, no. 1, pp. 299–308, 2017.

T. Darsono, D. Devi, and Y. Yoannita, “Rancang Bangun Aplikasi Augmented Reality Berbasis Android Dengan Unity 3D Untuk Proses Metamorfosis Katak,” no. x, 2012, [Online]. Available: https://core.ac.uk/download/pdf/35319079.pdf

E. N. Qorimah, W. C. Laksono, and Y. M. Hidayati, “Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality ( AR ) pada Materi Rantai Makanan,” vol. 5, no. 1, pp. 57–63, 2022.

L. Hakim, “Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Augmented Reality,” Lentera Pendidik. J. Ilmu Tarb. dan Kegur., vol. 21, no. 1, pp. 59–72, 2018, doi: 10.24252/lp.2018v21n1i6.

O. P. Y. Meishanti and Z. Roziqo, “AUGMENTED REALITY PADA METAMORFOSIS LEBAH (APIS SP.) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN,” SAINTEKBU, vol. 13, no. 01, pp. 19–27, 2021, doi: 10.32764/saintekbu.v13i01.1077.

I. Bagus and M. Mahendra, “Implementasi Augmented Reality ( Ar ) Menggunakan Unity 3D Dan Vuporia Sdk,” J. Ilm. ILMU Komput. Univ. Udayana, vol. 9, no. 1, pp. 1–5, 2016.

M. Mustika, E. P. A. Sugara, and M. Pratiwi, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle,” J. Online Inform., vol. 2, no. 2, p. 121, 2018, doi: 10.15575/join.v2i2.139.

M. S. Rejeki and A. Tarmuji, “Membangun aplikasi autogenerate script ke Flowchart untuk mendukung business process Reengineering,” J. Sarj. Tek. Inform., vol. 1, no. 2, pp. 448–456, 2013.

Ismai, “Perancangan Sistem Aplikasi Pemesanan Makanan dan Minuman Pada Cafetaria NO Caffe di TAnjung Balai Karimun Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP dan MySQL,” J. Tikar, vol. 1, no. 2, pp. 192–206, 2020, [Online]. Available: https://ejurnal.universitaskarimun.ac.id/index.php/teknik_informatika/article/download/153/121

Y. D. Wijaya and M. W. Astuti, “Pengujian Blackbox Sistem Informasi Penilaian Kinerja Karyawan Pt Inka (Persero) Berbasis Equivalence Partitions,” J. Digit. Teknol. Inf., vol. 4, no. 1, p. 22, 2021, doi: 10.32502/digital.v4i1.3163.

A. A. Arwaz, T. Kusumawijaya, R. Putra, K. Putra, and A. Saifudin, “Pengujian Black Box pada Aplikasi Sistem Seleksi Pemenang Tender Menggunakan Teknik Equivalence Partitions,” J. Teknol. Sist. Inf. dan Apl., vol. 2, no. 4, p. 130, 2019, doi: 10.32493/jtsi.v2i4.3708.




DOI: https://doi.org/10.30873/ji.v23i2.3660


 Jurnal Informatika is abstracting and indexing in the following databases:

 


JURNAL INFORMATIKA

 

Dikelola Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Diterbitkan Oleh: Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id

Email: lp4mjurin@gmail.com


View Jurnal Informatika StatCounter

Creative Commons License

Jurnal Informatika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.