SISTEM MANAJAMEN RETRIBUSI PARKIR BERBASIS WEB PADA DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN SIDOARJO

Steven Owen Purnawan, Yulian Findawati, Nuril Lutvi Azizah

Abstract


Pemerintah Daerah Kabupaten Sidoarjo menetapkan retribusi parkir yang diterapkan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo memiliki kewenangan dalam mengatur dan mengurus urusan retribusi parkir yang sesuai dengan ketetapan peraturan-undangan yang diatur dalam Peraturan Daerah Kabupaten Sidoarjo Nomor 17 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Perpakiran. Dalam teknik analisa dari program yang akan dikerjakan merupakan deskripsi dari kebutuhan yang akan menghasilkan perangkat lunak guna menjadi dasar kualitas sebelum dilakukan pembuatan koding program. Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif yang dilakukan secara rinci, sistematis dan terstruktur yang berfokus pada pendataan pelaporan dan retribusi parkir yang telah berjalan di Unit Pelaksana Teknis Parkir Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo. Pada tahap perancangan sistem akan dilakukan proses dari pembuatan sistem yang melihat dari apa yang dibutuhkan dalam pembuatan sistem ini. Yang dibutuhkan dalam perancangan sistem ini adalah kebutuhan dari pengguna dan administrator.Hasil dari pembuatan aplikasi Sistem Manajemen Retribusi Parkir pada Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo berbasis web memilik fitur yang memenuhi kebutuhan untuk Unit Pelaksana Teknis Parkir dalam melakukan pendataan retribusi parkir baik pelaporan maupun hasil setor, sehingga permasalahan yang terjadi ada di Unit Pelaksana Teknis Parkir Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo mendapatkan solusinya.

 

Kata KunciParkir, Dinas Perhubungan, Web


Keywords


Parkir; Dinas Perhubungan; Web

Full Text:

PDF

References


Departemen Perhubungan Republik Indonesia, “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan,” Pemerintah Indonesia. Jakarta, 2009.

Sekretariat Negara Republik Indonesia, “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah,” Pemerintah Indonesia. Jakarta, 2014.

H. Basri and H. Ashwad, “Pengawasan Dan Pengelolaan Retribusi Parkir Oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Bener Meriah Provinsi Aceh,” vol. 17, no. 1, pp. 50–62, 2020.

Sekretariat Daerah Kabupaten Sidoarjo, “Peraturan Daerah Kabupaten Sidoarjo No.17 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Parkir,” Pemerintah Daerah Kabupaten Sidoarjo. Sidoarjo, 2019.

S. Natarsyah, S. S. Informasi, K. Selatan, R. Parkir, and D. P. Kota, “Model Sistem Informasi Pengelolaan Retribusi Parkir Pada UPTD Parkir Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin,” no. 28, 2019.

H. Maulida Sartika, Fathul Hafid, “Aplikasi Pencatatan Retribusi Toko Dan Parkir Pada Pasar Kandangan Berbasis Web,” Univ. Islam Kalimantan MAB, 2021.

C. Vikasari, “Sistem Retribusi Parkir Sebagai Pengawasan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Cilacap,” J. Nas. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 5, no. 1, pp. 1–8, 2019.

S. T. Herdayati, S. P., Pd, S., & Syahrial, “Desain Penelitian Dan Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian,” 2019.

T. Anufia, B., & Alhamid, “Instrumen Pengumpulan Data,” 2019.

A. S. Harahap, “Teknik Wawancara Bagi Reporter Dan Moderator Di Televisi,” J. Komunikologi, vol. 16, no. 1, pp. 1–6, 2019.

M. N. Adlini, A. H. Dinda, S. Yulinda, O. Chotimah, and S. J. Merliyana, “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka,” Edumaspul J. Pendidik., vol. 6, no. 1, pp. 974–980, 2022.

D. Kurniasih, Y. Rusfiana, S. Agus, and R. Nuradhawati, “Teknik Analisa,” Alf. Bandung, pp. 1–9, 2021.

N. Khesya, “Mengenal Flowchart dan Pseudocode Dalam Algoritma dan Pemrograman,” Preprints, vol. 1, pp. 1–15, 2021.

F. Soufitri, “Perancangan Data Flow Diagram Untuk Sistem Informasi Sekolah (Studi Kasus Pada Smp Plus Terpadu),” Ready Star, vol. 2, no. 1, pp. 240–246, 2019.

K. ’Afiifah, Z. F. Azzahra, and A. D. Anggoro, “Analisis Teknik Entity-Relationship Diagram dalam Perancangan Database Sebuah Literature Review,” Intech, vol. 3, no. 2, pp. 18–22, 2022.




DOI: https://doi.org/10.30873/ji.v23i1.3614


 Jurnal Informatika is abstracting and indexing in the following databases:

 


JURNAL INFORMATIKA

 

Dikelola Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Diterbitkan Oleh: Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id

Email: lp4mjurin@gmail.com


View Jurnal Informatika StatCounter

Creative Commons License

Jurnal Informatika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.