PENERAPAN METODE PERBANDINGAN EKSPONENSIAL DALAM PENENTUAN KEPUTUSAN PEMBERIAN KREDIT PADA LEMBAGA PERKREDITAN DESA

Ni Kadek Ariasih, Ni Made Winasari Anjani

Abstract


Lembaga Perkreditan Desa (LPD) merupakan sebuah organisasi yang bergerak dalam bidang keuangan nonbank, dalam upaya menyalurkan bantuan permodalan kepada masyarakat di Bali, LPD merupakan salah satu kebijakan pemerintah. Kredit yang diberikan oleh pihak LPD akan melalui tahap pertimbangan apakah kredit tersebut layak atau tidak diterima. Dalam memutuskan hal ini dibutuhkan sistem pendukung keputusan yang dapat membantu pihak LPD dalam memberikan keputusan kelayakan penerimaan kredit pada nasabah yang mengajukan kredit.

Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dipakai untuk membantu dalam penentuan mengambil keputusan dalam suatu organisasi. Adanya SPK ini dapat menyelesaikan permasalahan pada LPD Desa Adat . yaitu bagaimana menentukan nasabah yang layak menerima kredit. Pada proses pengajuan kredit untuk penentuan keputusan ini Ketua LPD harus berdasar pada beberapa kriteria.

Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut maka dibangun Sistem Pendukung Keputusan penentuan kelayakan pemberian kredit dengan menggunakan Metode Perbandingan Eksponensial dengan menggunakan 6 kriteria, yaitu Jumlah Pinjaman, Jaminan, Jangka Waktu, Penghasilan Bersih, Tujuan Pinjaman dan riwayat Pinjaman sebagai standar kelayakan nasabah untuk mendapatkan pinjaman kredit.

Sistem Pendukung Keputusan yang dihasilkan dapat membantu pihak LPD dalam proses penentuan keputusan kelayakan pemberian kredit kepada nasabah yang mengajukan kredit. Pengujian dengan confusion matrix melakukan percobaan menghasilkan accuracy 80,48%, precision 93,93%, dan recall 83,78%. 


Keywords


Lembaga Perkreditan Desa, Sistem Pendukung Keputusan, Metode Perbandingan Eksponensial.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30873/ji.v23i1.3535


 Jurnal Informatika is abstracting and indexing in the following databases:

 


JURNAL INFORMATIKA

 

Dikelola Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Diterbitkan Oleh: Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id

Email: lp4mjurin@gmail.com


View Jurnal Informatika StatCounter

Creative Commons License

Jurnal Informatika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.